Sri Mulyani Lantik Suryo Utomo Jadi Dirjen Pajak Baru
http://galeri.kemenkeu.go.id/
Nasional

Suryo Utomo dilantik Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi Dirjen Pajak yang baru menggantikan Robert Pakpahan yang telah memasuki masa pensiunnya per hari ini (1/11)

WowKeren - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah melantik Direktur Jenderal Pajak (DJP) yang baru pada hari ini (1/11). Suryo Utomo dilantik menjadi Dirjen Pajak yang baru menggantikan Robert Pakpahan yang telah memasuki masa pensiunnya per hari ini.

Sebelumnya, Suryo menjabat sebagai Staf Ahli Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Nantinya, Suryo akan menjadi Dirjen Pajak periode 2019-2024.

"Mengangkat Suryo Utomo sebagai Dirjen Pajak Keuangan terhitung sejak pelantikan," tutur moderator membacakan naskah pengangkatan yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Selain Suryo, Sri Mulyani juga melantik sejumlah pejabat lain. Di antaranya adalah pimpinan tinggi pratama, direksi lembaga national single window, dan direksi lembaga pengelolaan dana pendidikan.

"Saya Menteri Keuangan resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan baru di Kementerian Keuangan," ujar Sri Mulyani membacakan naskah pengangkatan. "Saya percaya saudara saudara akan melaksanakan tugas sebaiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan."


Sementara itu, karier Suryo di Kemenkeu sendiri telah dimulai sejak 1993. Awalnya, ia menjadi pelaksana di Sekretariat Ditjen Pajak. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada 1998 serta Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada 2002.

Suryo lantas dipromosikan sebagai Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri pada 2002. Setelah itu, Suryo menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga pada 2006 dan menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu pada 2008.

Dirjen Pajak yang baru tersebut kembali dipromosikan menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I pada 2009. Setahun kemudian ia ditunjuk menjadi Direktur Peraturan Perpajakan I.

Pada 2015, Suryo menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian. Ia kemudian dipercaya menjadi Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak sejak 1 Juli 2015. Lalu Suryo akhirnya berhasil mengepalai DJP pada tahun ini.

Sementara untuk pendidikan, Suryo merupakan Sarjana Ekonomi dari Universitas Diponegoro lulusan tahun 1992. Ia lantas melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat. Suryo berhasil mendapat gelar Master pada 1998.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru