Jumlah Pemohon SKCK Untuk CPNS Membludak Tiga Kali Lipat Di Polres Jakbar
Nasional

Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 sudah mulai dibuka pada Senin (11/11). Pendaftaran ini membuat pemohon SKCK untuk PNS di Polres Jakarta Barat meningkat tiga kali lipat .

WowKeren - Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 sudah mulai dibuka pada Senin (11/11). Pendaftaran ini membuat pemohon SKCK untuk PNS di Polres Jakarta Barat meningkat tiga kali lipat.

Salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam pendaftaran Seleksi CPNS 2019 adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Menyusul pembukaan pendaftaran Seleksi CPNS pada Senin (11/11) lalu, masyarakat pun berbondong-bondong membuat SKCK.

Oleh karena itu, jumlah pemohon SKCK pun mebludak hingga tiga kali lipat seperti yang terjadi di Polres Jakarta Barat (Jakbar) saat ini. Bahkan, setiap harinya Polres Jakbar bisa melayani hingga 300 pemohon SKCK.

"Peningkatan sudah terlihat dari seminggu lalu," kata Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan Polres Metro Jakarta Barat Ipda Kartiman. "Tapi minggu kemarin jumlahnya masih 200-an. Sejak kemarin itu memang meningkat pesat jadi 300 orang."


Kartiman mengatakan bahwa biasanya, dalam sehari pemohon SKCK mencapai rata-rata 100 pemohon. Namun, sejak dua hari belakang ini, pemohon naik signifikan hingga 250 sampai 300 pemohon.

Naiknya jumlah pemohon SKCK membuat Kartiman dan 4 petugas lainnya harus bekerja lebih lama. Pada hari biasa, pembuatan SKCK hanya beroperasi hingga pukul 15.00 WIB. Namun, untuk saat ini pihak Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) memastikan akan tetap melakukan pelayanan hingga seluruh SKCK yang diurus pada hari itu selesai dikeluarkan.

Sementara itu, meski SKCK sudah bisa diisi secara online, namun saat ini masih banyak pendaftar yang menggunakan sistem manual. Namun, jumlah pendaftar yang menggunakan sistem online tersebut sudah meningkat dari sebelumnya.

"Masih banyak manual, yang online ngisinya di rumah. Ini agak mendingan karena pemohon kebanyakan anak-anak muda, perempuan," ujar Kartiman. "Jadi online masih bisa, ini agak mendingan kalau dari keseluruhan 10 persenan lah ada."

Sementara itu, Tercatat, dalam dua hari pendaftaran CPNS 2019 sebanyak 546.891 orang sudah membuat akun. Situs sscn.bkn.go.id pun diketahui kerap kali susah untuk diakses oleh para pendaftar Seleksi CPNS 2019. Oleh karena itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan beberapa tips agar pendaftar lancar untuk login dan mengunggah dokumen saat pendaftaran di sscn.bkn.go.id.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait