7 Aplikasi Ini Tak Hanya Bisa Bantu Penyandang Disabilitas Tapi Juga Pendampingnya!
Tekno

Seiring dengan perkembangan teknologi pada era digital juga turut membantu aktvitas penyandang disabilitas. Ada beberapa aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Apa saja?

WowKeren - Difabel atau disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Gangguan adalah sebuah masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya; suatu pembatasan kegiatan adalah kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam melaksanakan tugas atau tindakan, sedangkan pembatasan partisipasi merupakan masalah yang dialami oleh individu dalam keterlibatan dalam situasi kehidupan.

Karena keterbatasannya ini, beberapa penyandang disabilitas kerap diremehkan dan kurang mendapatkan perhatian. Beberapa kegiatan membuat mereka kesulitan karena keterbatasan tersebut. Namun, beberapa penyandang disabilitas kini sudah banyak yang mandiri karena banyaknya pelatihan.

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi pada era digital juga turut membantu aktvitas mereka. Ada beberapa aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum beberapa aplikasi yang dapat membantu penyandang disabilitas maupun perawatnya.

(wk/putr)

1. Signteraktif Aplikasi Buatan Anak Bangsa Untuk Sahabat Tuli


Signteraktif Aplikasi Buatan Anak Bangsa Untuk Sahabat Tuli

Signteraktif adalah aplikasi ini membantu bagaimana sulitnya penyandang tuli berkomunikasi dengan orang lain. Mohammad Ismail yang juga penyandang tuli adalah pembuat aplikasi khusus telepon pintar ini. Aplikasi ini mengandalkan hubungan telepon video, bagi mereka disabilitas penyandang bisu atau tuli bisa mengunduh di Play Store.

Jika sedang berpergian sendiri dan berkomunikasi dengan seseorang yang tidak dapat mengerti mengenai bahasa isyarat, mereka bisa langsung membuka aplikasi tersebut. Dalam aplikasi terdapat sebanyak 14 ahli bahasa isyarat yang telah terdaftar. Dengan sambungan telepon video, penyandang bisu dan tuli bisa berbicara langsung dengan ahli bahasa isyarat. Pesan akan langsung di terjemahkan dan diberikan ke lawan bicara.

2. DIFA Shop Bakal Bantu Penyandang Disabilitas Makin Berkarya


DIFA Shop Bakal Bantu Penyandang Disabilitas Makin Berkarya

Komunitas penyandang disabilitas Kota Solo, Jawa Tengah meluncurkan aplikasi dan website program pemberdayaan ekonomi difabel di Pendapi Gede Balai Kota Solo. Aplikasi dan website yang diluncurkan ini bernama Difabel Sukses Mandiri (DSM) dengan nama aplikasi DIFA Shop. Penggagas program pemberdayaan ekonomi DSM, Heru Sasongko mengungkapkan, bahwa peluncuran program ini bertujuan untuk membantu kaum difabel dalam mempromosikan produk hasil buatannya.

Selama ini kaum difabel masih kesulitan untuk mempromosikan maupun memasarkan produk mereka. Menurut Heru, semua produk difabel ada di dalam aplikasi maupun website tersebut. Masyarakat yang ingin mengetahui maupun membeli produk difabel dapat mengakses melalui aplikasi android, DIFA Shop dan laman www.difasuksesmandiri.com.

3. Wheelmap Bantu Pengguna Kursi Roda Menemukan Rute Yang Tepat


Wheelmap Bantu Pengguna Kursi Roda Menemukan Rute Yang Tepat

Aplikasi ini sangat berguna bagi para kaum disabilitas yang menggunakan kursi roda. Pasalnya Wheelmap dapat menuntun mereka memberitahu lokasi serta jalan yang ramah bagi mereka. Aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memberikan info lebih tentang lokasi yang dilewatinya serta mengirim gambar buktinya.

Mirip dengan Waze, namun khusus untuk penyandang kursi roda. Informasi dalam aplikasi ini ditampilkan dalam tiga warna yang masing-masing memiliki arti yang berbeda namun sangat mudah untuk dipahami. Warna-warna tersebut persis seperti rambu-rambu lampu merah yang mengatur para pengguna jalan.

4. Latih Kemampuan Kognitif Dengan Aplikasi Dyslexia Test and Training


Latih Kemampuan Kognitif Dengan Aplikasi Dyslexia Test and Training

Disleksia adalah gangguan di fungsi otak yang membuat kalian memiliki kesulitan dalam membaca dan menulis. Tampak seperti gangguan pada mata, namun sebenarnya tidak. Penderitanya mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca. Sekilas hal tersebut seperti gangguan pada mata, namun bukan. Gangguan ini menyebabkan penderitanya sering salah tulis dan baca.

Setelah kehadiran aplikasi Dyslexia Test and Training, penderita disleksia bisa mengenali gangguan yang dialaminya. Apakah sudah membaik ataupun semakin parah. Selain itu, aplikasi Dyslexia Test and Training ini juga direkomendasikan untuk anda yang ingin melatih kemampuan kognitif. Aplikasi Dyslexia Test and Training ini juga bisa digunakan untuk mengecek apakah anda terkena disleksia atau tidak.

5. Be My Eyes Akan Menjadi 'Mata' Baru Bagi Teman Tunanetra


Be My Eyes Akan Menjadi 'Mata' Baru Bagi Teman Tunanetra

Be My Eyes adalah aplikasi untuk membantu mereka yang buta atau memiliki penglihatan buruk. Dengan terkoneksi secara live, pengguna Be My Eyes bisa meminta bantuan dari para sukarelawan dalam hal-hal yang berhubungan dengan penglihatan. Aplikasi ini mendapatkan beberapa penghargaan, seperti Dubai Expo 2020 Global Innovator, CER Prize 2017 dan World Summit Awards 2017.

Pengguna atau relawan dapat mendaftarkan diri di Be My Eyes dengan akun Facebook atau email. Aplikasi ini akan memberi notifikasi kepada relawan jika ada seorang tunanetra yang butuh bantuan. Jika relawan menolak memberi bantuan pada saat itu, relawan lain akan menerima notifikasi, untuk memastikan bahwa kalian tidak meninggalkan seorang diri tunanetra yang butuh bantuan. Relawan yang memberi bantuan akan mendapatkan poin dan bakal terpampang pada profil pengguna.

6. Voice Dream Reader Bantu Teman Tunanetra Untuk Baca Buku Menarik


Voice Dream Reader Bantu Teman Tunanetra Untuk Baca Buku Menarik

Voice Dream Reader akan membacakan buku yang menarik untuk kalian. Lewat aplikasi ini, kalian terasa seperti mendengarkan podcast. Voice Dream Reader berguna baik mereka yang menyandang disabilitas maupun tidak. Tapi, untuk mendapatkan aplikasi ini kamu perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Aplikasi ini mendukung beberapa format file teks untuk dijadikan suara, misalnya saja PDF, Plain text, MS Word, MS PowerPoint, RTF, dan Google Docs. Tidak hanya itu saja, Voice Dream Reader juga bisa menjadikan artikel di website menjadi suara. Untuk format audionya sendiri adalah mp3, mp4 dan zipped mp3. Voice Dream Reader ini juga support dengan beberapa aplikasi diantaranya Dropbox, Google Drive, iCloud Drive, Pocket, Instapaper, dan Evernote.

7. Brailliac Bakal Bantu Kalian Berkomunikasi Dengan Teman Disabilitas


Brailliac Bakal Bantu Kalian Berkomunikasi Dengan Teman Disabilitas

Aplikasi Brailliac mampu membantu kalian yang ingin berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Hal ini dikarenakan aplikasi Brailliac berfungsi untuk mengajarkan bahasa Braille. Seperti yang diketahui, bahasa Braille bisa memudahkan dalam berkomunikasi dengan tunanetra.

Selain itu, aplikasi Brailliac ini juga disarankan untuk orang yang mengalami penurunan kualitas penglihatan. Kalian tak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi ini karena aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dioperasikan, tak terkecuali untuk pemula sekalipun.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi aplikasi untuk membantu kalian belajar di sini. Simak juga aplikasi parenting terbaik untuk mengawasi pertumbuhan anak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait