Respon 'Ngegas' Faisal Basri Soal Dibukanya Ekspor Benih Lobster
Nasional

Rencana untuk membuka keran ekspor benih lobster oleh Menteri KKP Edhy Prabowo menuai pro dan kontra. Setelah ditolak oleh Susi Pudjiastuti, kali ini pengamat Ekonomi Faisal Basri pun menunjukkan keberatannya.

WowKeren - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo memang kerap membuat kebijakan yang bertentangan dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan sebelumnya Susi Pudjiastuti. Kali wacana Edhy untuk membuka keran ekspor benih lobster menuai pro-kontra.

Usai Susi yang menunjukkan sejumlah penolakan atas rencana tersebut, kali ini Pengamat Ekonomi Faisal Basri pun turut mengutarakan keberatannya. Menurutnya, dibukanya ekspor benih lobster dapat merusak lingkungan.

"Lobster ini kan di alam. Nanti kalau jadi diekspor rusak tuh lingkungan, telur-telur lobster itu rusak lah itu," kata Faisal di Kementerian Keuangan, Selasa (10/12). "Belum dua bulan kabinet ada justru (larangan) ekspor benih lobster dicabut. Udah gila ini."

Lebih lanjut, Faisal mengatakan jika jutaan benih lobster yang dimiliki Indonesia seharusnya dipelihara dan dibesarkan. Baru setelahnya dijual agar mendapatkan nilai jual yang tinggi.

"Ini kan seperti bayi, anak kambing atau segala macam," jelas Faisal. "Nah harga lobster kan mahal jadi kalau benihnya yang jutaan itu kita pelihara udah jadi dewasa baru kita ekspor kan nilainya tinggi."


Terlebih lagi sektor perikanan merupakan salah satu dari sektor surplus. Seharusnya sektor yang surplus itu bisa ditingkatkan dari sisi ekspor hasil budi daya, bukan benihnya.

"Sektor perikanan itu salah satu dari sedikit yang surplus," tegasnya. "Nah ini sumber yang bisa kita tingkatkan penerimaan ekspornya ya kita jual. Bibitnya ya namanya bibit dijual gimana sih gila nggak."

Terakhir, ia juga mengatakan jika keuntungan dari ekspor benih lobster memang besar. Sehingga ia menyatakan ada mafia dibalik kebijakan ini.

"Untungnya (ekspor benih lobster) besar sekali, lebih besar dari bisnis kapal ilegal," tandasnya. "Kapal ilegal mau ditenggelamin juga ruginya sedikit. Tapi kalau lobster itu besar. Tentu aja ada mafianya itu."

Sebelumnya telah diberitakan jika Susi Pudjiastuti menunjukkan penolakannya terkait rencana Edhy untuk melakukan ekspor benih lobster tersebut. Ia bahkan menyinggung benih lobster dan ketamakan dalam cuitannya di Twitter.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait