Demokrat Sentil Gibran Maju Pilwalkot, PDIP Balik Singgung 'Dinasti' SBY
Nasional

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon sempat mengatakan bahwa Baru Kali Ini Sejak Reformasi Ada Anak Presiden Menjabat Maju Pilkada. PDIP pun menanggapinya dengan sindiran.

WowKeren - Pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi yakni Gibran Rakabuming menuai kritikan dari berbagai pihak. Baru-baru ini, Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon pun menyindir pencalonan Gibran Rakabuming tersebut. Ia mengatakan bahwa kejadian semacam ini baru pertama kali ada sejak era reformasi.

Mendengar hal tersebut, politikus PDIP Hendrawan Supratikno pun merasa heran. Menurutnya, tidak ada larangan anak presiden maju ke pilkada. "Apa memang dilarang oleh UU? Kan tidak," kata Hendrawan pada Jumat (13/12).


Hendrawan lalu membalas sentilan tersebut dengan mempertanyakan anak presiden yang maju ke pemilihan legislatif (pileg). "Terus, anak presiden yang sedang menjabat maju sebagai anggota DPR, bagaimana?Apakah harus dilarang? Terus bagaimana bila pada satu partai, Ketum, Waketum, Ketua Fraksi, datang dari satu keluarga? Apakah harus dimaknai sebagai keelokan atau ketidakelokan?", tanya Hendrawan.

Ia kemudian mengatakan jika Gibran juga memiliki peluang tak terpilih dalam pertarungan di Pilwakot Solo. Karena itu, tak ada salahnya jika anak Jokowi itu mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo. Ia kemudian menyindir anak-anak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pernah mencalonkan diri di bawah partai yang didirikan oleh SBY itu.

"Besar mana risiko politik calon yang tidak dibesarkan di parpol atau yang tidak 'memiliki' partai dengan calon yang merupakan pendiri atau 'pemilik' partai?" sindir Hendrawan. "Jadi pilihan-pilihan seseorang tergantung kepada persepsi terhadap peluang dan risiko yang dihadapi."

Sebelumnya, Jansen juga menyoroti menantu Jokowi, Bobby Nasution yang juga akan maju ke Pilwakot Medan. Ia kemudian menyinggung pidato Jokowi yang pernah mengatakan jika tak satupun dari anggota keluarganya yang tertarik terjun ke dunia politik.

"Baru kali ini sejak reformasi ada anak presiden yang sedang menjabat maju Pilkada. Ini kan bukan hanya satu orang, dua orang sekaligus," kata Jansen pada Kamis (12/12). "Padahal dulu di tengah pidato kampanye Pak Jokowi sering mengatakan kalau keluarga saya tidak ada satupun yang tertarik politik, ini tiba-tiba maju dua, anak dan menantu."

You can share this post!

Related Posts