Viral Tukang Bakso Rebus Mie Instan Beserta Bungkusnya, Tuai Beragam Komentar Netizen
SerbaSerbi

Postingan video yang memperlihatkan tukang bakso merebus mie instan beserta bungkusnya menjadi bahan pembicaraan warganet. Hal ini lantas menuai beragam reaksi dan komentar dari netizen.

WowKeren - Sebuah postingan di dunia maya lagi-lagi kembali pembicaraan warganet. Kali ini postingan video yang diunggah oleh akun @FOODFESS2 di Twitter menjadi viral.

Dalam video tersebut, memperlihatkan seorang tukang bakso yang merebus mie instan beserta bungkusnya ke dalam panci berisi kuah bakso. Sontak saja, aksi tukang bakso ini menjadi viral dan menuai beragam komentar dari netizen.

Hingga berita ini dibuat (15/1), postingan tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 5 ribu kali dan disukai lebih dari 10 ribu pengguna Twitter. Sayangnya, video tersebut diprivat oleh si pemilik akun sehingga netizen tak lagi bisa melihatnya.

Beragam komentar yang disampaikan netizen pun beragam. Mulai dari mengingatkan soal bahaya plastik yang direbus ke dalam air panas hingga marah dengan aksi sang tukang bakso tersebut.

Tukang Bakso

Twitter

"Bang bang yang bener aja bang masa direbus dalem plastiknya bang," ujar @ex*****ed. "makanya gw ga pernah beli di abang2 starling ato yg jual apapun yg langsung seduh air panas digelas plastik," komentar @jn***y_.


"Kebayang ga sihhh itu air rebusannya rasa karsinogenik anjiirrr," kata @kn*****id. "Berapa ratus polimer plastik yang leleh masuk ke kuah terus ke bakso ," imbuh @do****un.

"Pernah ngambil matkul teknologi polimer yg bahas tentang perplastikan. Fyi plastik buat bungkus2 gitu masuk golongan polimer 1(pet) dan itu cuma digunain buat sekali pakai. sifatnya nggak tahan panas dan kalau terkena suhu tinggi bakal ada material karsiogenik pndah ke makanannya," imbuh @Muh_syarif9M menerangkan.

Sementara itu, Ahli kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Andreas, mengatakan mie instan yang dimasak sekaligus dengan plastiknya akan membuat bahan kimia di dalamnya juga ikut larut. "Dalam bungkus itu kan bahan materialnya ada plastik, kedua ada warna tinta packaging. Plastik kalau dimasukkan ke dalam air panas, otomatis banyak bahan kimia yang masuk ke dalam air rebusan tersebut," katanya, Rabu (15/1).

Andreas kemudian menerangkan jika semakin tinggi suhu air rebusan, maka bahan kimia berbahaya pada plastik akan semakin cepat larut. "Tapi kalau cara penyajiannya langsung dimasukan ke dalam air panas, yang namanya air panas itu bisa mempercepat proses ekstrak, keluarnya flatat (zat fleksibilitas plastik) dari plastik tersebut ke dalam makanan," paparnya.

Hal ini tentu saja bakal berdampak kepada kesehatan hingga menyebabkan terganggunya hormon endokrin hingga kanker. "Yang pertama adalah zat karsinogenik, dia menyebabkan kanker," terangnya. "Kedua, menyerang hormon endokrin. Misalnya kaya kelenjar tiroid (kelenjar di leher), pokoknya yang mengejar hormon endokri."

"Lalu pewarna pada packaging juga, bahan pewarna yang digunakan saat dicelupkan ke air panas otomatis banyak bahan-bahan pewarnanya yang akan terlarut dalam air tersebut," sambungnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait