GoJek Buka Suara Soal Aturan Bayar SPP Pakai GoPay
Nasional

Inovasi terbaru Mendikbud Nadiem Makarim terkait layanan GoPay bisa digunakan untuk membayar SPP menuai pro dan kontra. Pihak GoJek pun akhirnya memberikan penjelasan.

WowKeren - Terobosan terbaru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang memberlakukan GoPay sebagai alat pembayaran kegiatan sekolah, mulai dari SPP sampai pembelian buku menuari pro dan kontra.

Anggota Komisi X Fraksi PDIP, Andreas Hugo Pareira pun turut menyoroti hal ini. Ia bahkan meminta agar Nadiem memberikan penjelasan terkait inovasi tersebut agar tidak dinilai sebagai bentuk adanya konflik kepentingan.

"Persoalannya, apakah ini tidak menjadi conflict of interest dari menteri yang notabene adalah pemegang saham dari bisnis online tersebut?" kata Andreas, Selasa (18/2) lalu. "Saya kira pada aspek ini mas Nadiem perlu menjelaskan kepada publik agar tidak menjadi isu dan polemik."

Merespon pernyataan Andreas tersebut, Head of Corporate Communications GoPay, Winny Triswandhani pun memberi penjelasan. Ia mengatakan bahwa layanan pembayaran SPP tak ada hubungannya dengan posisi Nadiem Makarim yang merupakan founder dan mantan CEO Gojek, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kami ingin menegaskan bahwa pembayaran SPP melalui GoBills merupakan salah satu inisiatif perluasan penggunaan GoPay yang telah kami lakukan sejak lama," tegas Winny dilansir Kumparan, Kamis (20/2). "Inisiatif ini tidak ada kaitannya dengan Kemendikbud."


Lebih lanjut, ia menjelaskan jika ini bukanlah yang pertama kali GoPay menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan. Bahkan sejak awal tahun 2019, GoPay telah bekerja sama dengan 50 SMK di Jakarta Utara untuk menerapkan transaksi non-tunai melalui kode QR.

Winny juga menyebut bahwa pihaknya terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak yang memiliki kesamaan misi. Saat ini, GoPay sedang menargetkan layanan pembayaran di berbagai sektor selain pendidikan seperti pembayaran non-tunai listrik, PDAM, hingga zakat.

Sementara itu, Mendikbud Nadiem akhirnya buka suara terkait inovasi pembayaran SPP dengan menggunakan layanan GoPay tersebut. Nadiem menegaskan jika isu tersebut bukanlah urusan utama dari Kemendikbud. "Itu nggak ada urusannya sama Kemendikbud sama sekali," kata Nadiem dalam acara "Mata Najwa" yang bertajuk 'Kita Bisa Apa', di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (19/2).

Setiap sekolah tetap memiliki hak dan kewenangannya masing-masing untuk menerima pembayaran SPP melalui cara apapun. Oleh sebab itu, pembayaran SPP dengan menggunakan GoPay sama sekali bukan menjadi urusan maupun fokus utama dari Kemendikbud.

"Sekolah-sekolah baik swasta kan semuanya menerima apa pun cara pembayaran," tegas mantan bos GoJek ini. "Dia mau menerima apa, menerima dari pembayaran apa, itu bukan urusan Kemendikbud."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait