BTS dan IZ*ONE Kuasai Chart Melon, Netizen Justru Nyinyir Karena Ini
Musik
BTS Comeback

Lewat comeback kali ini, BTS dan IZ*ONE berhasil mendominasi situs musik Melon. Pada 22 Februari pukul 7 pagi waktu setempat, 28 dari 50 lagu teratas di chart Melon adalah lagu-lagu dari mereka.

WowKeren - Setelah kurang lebih 3 bulan hiatus, IZ*ONE comeback dengan merilis album berjudul "BLOOM*IZ" pada 17 Februari lalu. Tak lama setelahnya yaitu pada 21 Februari, Bangtan Boys (BTS) juga merilis album terbaru mereka, "Map Of The Soul: 7".

Lewat comeback kali ini, BTS dan IZ*ONE berhasil mendominasi situs musik dengan pengguna terbanyak, Melon. Pada 22 Februari pukul 7 pagi waktu setempat, 28 dari 50 lagu teratas di chart Melon adalah lagu-lagu dari dua grup tersebut.


Sebuah postingan di situs komunitas online menyoroti fenomena ini di mana BTS dan IZ*ONE mendominasi chart Melon. Postingan ini ditanggapi dengan komentar nyinyir netizen.

BTS dan IZ

Source: Allkpop

Mereka menganggap fans yang streaming lagu idola mereka hingga lagu-lagu tersebut mendominasi chart musik tak jauh berbeda dengan sajaegi (praktik manipulasi chart musik). Sedangkan yang lain membela dengan berkomentar kalau apa yang dilakukan fans BTS dan IZ*ONE adalah hal yang normal mengingat mereka juga bagian dari publik, berbeda dari sajaegi yang memang praktik untuk memanipulasi.

"Apa bedanya ini dari sajaegi?" komentar netizen. "Sejujurnya aku capek melihat lagu-lagu idol mendominasi chart. Tidak ada keberagaman sama sekali," kata netizen lainnya. "Yah, kalau dua grup ini tidak memuncaki chart, orang-orang akan bilang mereka kehilangan popularitas," ujar yang lain.

"Pada titik ini dengan banyaknya orang di fandom mereka, ini adalah opini (pilihan) publik. Fandom-fandom itu adalah publik," kata netizen. "Aku pikir kalian saja yang membatasi diri. Terbukalah dan dengarkan beberapa lagu ini. Mereka bagus dan itulah kenapa lagu-lagu ini memuncaki chart," imbuh lainnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts