Tingkat Ancaman Virus Corona Dinaikkan WHO ke Level Maksimum
Dunia

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa tingkat ancaman virus Corona (COVID-19) saat ini 'sangat tinggi'. Hingga kini virus Corona diketahui terus menyebar ke sejumlah negara.

WowKeren - Tingkat ancaman virus Corona (COVID-19) telah dinaikkan ke level maksimum oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Peningkatan ini dilakukan usai penyebaran virus Corona terdeteksi hingga Afrika dan berdampak luas kepada kondisi perekonomian dunia.

Dilansir AFP, Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan bahwa tingkat ancaman virus Corona saat ini "sangat tinggi". Pasalnya, kasus penularan, tingkat kematian, dan jumlah negara yang terdampak virus mematikan tersebut terus bertambah. "(Perkembangan ini) sangat menjadi perhatian," tutur Tedros dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss.

Hingga kini virus Corona diketahui terus menyebar ke sejumlah negara. Banyak pemerintah yang lantas menerapkan kebijakan demi melindungi warga negara mereka dengan cara menutup perbatasan atau mengimbau masyarakatnya untuk tak bepergian sementara waktu.

"Kita masih punya kesempatan untuk mencegah penyebaran virus itu jika menerapkan kebijakan yang cermat dan tegas terkait deteksi kasus, isolasi serta penanganan pasien dan melacak siapa saja yang pernah bertemu dengan orang yang tertular," papar Tedros.


Sementara itu, WHO sendiri menyatakan cemas apabila virus Corona sampai menyebar di Afrika. Pasalnya, infrastruktur kesehatan di Afrika dinilai masih belum mampu menangani penyebaran wabah.

Diketahui, beberapa negara Afrik telah mengonfirmasi positif virus Corona. Beberapa di antaranya adalah Nigeria, Mesir dan Aljazair dengan masing-masing 1 kasus.

WHO lantas mendorong negara-negara untuk mulai melakukan pemeriksaan, mempersiapkan bangsal karantina dan kampanye upaya pencegahan pada publik. "Virus ini memiliki potensi pandemi. Ini bukan saatnya untuk takut. Inilah saatnya untuk mengambil tindakan untuk mencegah penularan dan menyelamatkan banyak nyawa," kata Tedros.

Pernyataan tersebut seolah menjadi peringatan bagi Indonesia. Terlebih, sejauh ini Indonesia masih menyatakan bebas dari wabah ini sehingga mengundang berbagai kecurigaan dari banyak negara lainnya. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menilai jika Indonesia mungkin tidak mengetahui cara mendeteksi virus Corona.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait