Mahfud MD Komentari Anies Yang Tunda Formula E: Mungkin Takut Sepi
Nasional

Menurut Mahfud, keputusan Anies diambil dengan melihat kondisi dunia kini di tengah merebaknya wabah corona. Sehingga jika Formula E tetap digelar, dikhawatirkan tidak akan bisa sukses

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengomentari penundaan gelaran Fomula E. Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan jika Pemprov DKI Jakarta akan menunda gelaran tersebut.

Menurut Mahfud, keputusan Anies tersebut diambil dengan melihat kondisi dunia kini di tengah merebaknya wabah corona. Sehingga jika Formula E tetap digelar, dikhawatirkan tidak akan bisa sukses mendatangkan banyak pengunjung.

"Karena melihat situasi jangan-jangan itu (Formula E nanti) tidak sukses kan," kata Mahfud. "Karena kecenderungan di banyak dunia menghendaki agar menghindarkan perkumpulan-perkumpulan orang terlalu banyak, seperti tontonan dan sebagainya."

Jika tidak banyak pengunjung yang datang, maka yang rugi adalah pihak penyelenggara sendiri. "Itu mungkin kalau enggak banyak orang yang nonton kan rugi juga, lalu ditunda, barangkali," jelas Mahfud.


Meski demikian, itu semua hanya sebatas perkiraan Mahfud. Terkait alasan pasti mengapa Anies mengambil keputusan semacam itu, Mahfud mengaku tak tahu.

"Yang tahu alasan penundaan itu tentu Pak Anies, karena memang Pak Anies yang punya program itu," lanjut Mahfud. "Program formula itu, dia yang mengumumkan dulu bahwa akan ada itu, lalu dia juga yang kalau harus ditunda."

Sebelumnya, Anies mengumumkan penundaan Formula E di Jakarta sebagai bentuk tanggung jawab Pemprov DKI. Menurutnya, Pemprov tak ingin mengorbankan keselamatan warga di tengah risiko penyebaran virus corona demi pencapaian ekonomi.

"Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian," kata Anies di Jakarta, Rabu (11/3). "Memang Formula E ini memberikan dampak ekonomi yang besar, tapi bila punya risiko untuk warga maka kita tunda."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait