Usai Situs Resmi, Pemerintah Juga Luncurkan Chatbot WhatsApp Tanggapi COVID-19
Nasional

Pemerintah terus berusaha memberikan informasi terlengkap dan terakurat untuk masyarakat di tengah wabah COVID-19. Usai lewat situs resmi, kini masyarakat bisa mengakses informasi lewat chatbot WhatsApp.

WowKeren - Wabah virus Corona yang tengah "menghajar" Indonesia tentu menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Sayangnya di tengah keresahan yang ada, biasanya diimbangi dengan banyaknya berita yang kurang akurat atau informasi yang hanya sepotong sampai ke masyarakat.

Agar informasi yang disampaikan akurat dan tidak simpang siur, pemerintah pun meluncurkan situs resmi. Dapat diakses di laman www.covid19.go.id, situs itu memuat sejumlah informasi penting terkait wabah virus Corona di Indonesia.

Usai situs resmi, kini Indonesia pun sudah memiliki layanan akun chatbot WhatsApp terkait wabah virus Corona. Usai diumumkan oleh Menkominfo Johnny G Plate pada Kamis (19/3) kemarin, akun chatbot WhatsApp virus Corona COVID-19 resmi pemerintah mulai bisa dijajal masyarakat pada hari ini (20/3).

"Sudah (bisa dicoba masyarakat)," terang Dirjen PPI Kemenkominfo, Ahmad M Ramli, dikutip dari Detik Inet pada Jumat (20/3). "Kemarin kita sempat trial, namun sudah oke."

Lantas bagaimana cara mengakses akun chatbot ini? Mudah saja, berbekal aplikasi WhatsApp dan pastikan nomor akunnya sudah disimpan di ponsel. Nomor akunnya sendiri adalah +6281133399000.

Nanti kontaknya secara otomatis akan tersimpan dengan nama "COVID19.GO.ID" dengan tanda centang hijau di sampingnya, tanda akun ini sudah terverifikasi. Kendati demikian setiap pengguna tetap bisa menyimpan nomor ini sesuai kehendak masing-masing.


Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini dengan terlebih dahulu menyapa di ruang obrolan. Nanti secara otomatis balasan akan masuk. "Halo! Selamat datang di Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI. Semoga kamu sehat-sehat selalu," demikian kutipan obrolan pembuka dari Kemenkominfo.

Akun bot akan memberikan sejumlah pertanyaan yang bisa dipilih pengguna. Namun sejauh ini chatbot WhatsApp COVID-19 tak bisa digunakan untuk bertanya di luar daftar pertanyaan yang ada.

Usai Situs Resmi, Pemerintah Juga Luncurkan Chatbot WhatsApp Tanggapi COVID-19

WhatsApp/dokumentasi pribadi

Dengan mengetik huruf sesuai opsi pertanyaan, chatbot akan langsung membalasnya dengan jawaban standar. Jawabannya pun tiba dalam waktu singkat.

Terkait dengan hal tersebut, Ramli menyatakan bahwa akun ini memang dirancang dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI). Namun demikian pihak Kemenkominfo akan terus meng-update informasi agar masyarakat tetap mendapatkan kabar terbaru.

"Update terus berdasarkan pengumuman baru, kita update," ujar Ramli. "Mungkin ada jeda sedikit, karena kita tidak ingin mendahului (informasi terbaru tersebut)."

Untuk informasi yang diberikan sendiri disesuaikan dengan pembaruan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. Dengan demikian, isi informasinya pun kurang lebih sama dengan yang ditampilkan di situs resmi COVID-19 milik pemerintah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru