Sambut 'PeduliLindungi', Aplikasi Lacak Corona Buatan Indonesia
Nasional

Pemerintah lewat koordinasi sejumlah badan dan lembaga meluncurkan aplikasi 'PeduliLindungi' yang kini sudah bisa diunduh di smartphone android. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Indonesia terus berbenah terkait dengan upayanya menangani wabah virus Corona. Salah satu bentuk upaya konkretnya adalah dengan membuat aplikasi bertajuk "PeduliLindungi".

Aplikasi apakah ini? Dilansir dari deskripsi aplikasi di Play Store, aplikasi ini merupakan pelacak untuk menghentikan penularan virus Corona. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Sambut \'PeduliLindungi\', Aplikasi Lacak Corona Buatan Indonesia

PeduliLindungi

Lantas bagaimana cara kerjanya? Rupanya aplikasi ini berbasis lokasi para penggunanya untuk kemudian dibagikan satu sama lain. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

"Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian," jelas pengembang aplikasi PeduliLindungi. "Agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan."

Aplikasi PeduliLindungi akan menggunakan bluetooth dari gawai pengguna. Nanti akan terjadi pertukaran data dalam radius bluetooth dari gawai yang juga terdaftar di aplikasi.


Selanjutnya PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada adalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif corona atau orang dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

"PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19," tuturnya. "Atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan)."

"Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak," imbuhnya. "Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP."

Lebih lanjut, aplikasi ini tak akan merekam geolokasi penggunanya. Aplikasi ini akan mengumpulkan riwayat perjalanan tiap penggunanya secara real time ketika digunakan.

Aplikasi "PeduliLindungi" bukan satu-satunya fitur yang diluncurkan negara untuk mengatasi wabah virus Corona. Sebelumnya pemerintah telah meluncurkan situs resmi yakni covid19.go.id yang memuat informasi terkini soal wabah COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, ada pula chatbot WhatsApp yang bisa digunakan setiap warga Indonesia untuk mendapatkan perkembangan terkini wabah. Pertanyaan sederhana pun juga bisa ditanyakan lewat chatbot tersebut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru