Jangan Langsung Tidur, Ikuti 7 Langkah Protokol Kesehatan Ketika Pulang Bepergian Saat Wabah Corona
Getty Images/AFP/Niklas Halle'n
Health

Jika memang harus ke luar rumah, sebaiknya lakukan beberapa langkah protokol kesehatan ketika sampai di rumah setelah bepergian, terutama di tengah wabah virus corona.

WowKeren - Jumlah pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Indonesia makin lama makin melonjak. Hal ini membuat masyarakat dihimbau untuk tidak bepergian dan tetap berada di rumah guna mencegah penularan virus lebih meluas.

Namun, tak semua orang bisa untuk tidak bepergian. Beberapa orang terpaksa harus tetap berada di luar ruangan untuk kegiatan penting seperti pekerjaan atau keperluan mendesak. Jika memang harus ke luar rumah, sebaiknya lakukan beberapa langkah protokol kesehatan ketika sampai di rumah setelah bepergian, terutama di tengah wabah virus corona.

Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 langkah yang harus kalian lakukan saat pulang dari bepergian ketika wabah corona. Hal ini wajib kalian lakukan agar anggota keluarga di rumah tak tertular virus. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Buka Sepatu Di Pintu Masuk


Buka Sepatu Di Pintu Masuk

Jika kalian memiliki kebiasaan memakai sepatu atau alas kaki ketika berada di rumah, sebaiknya kalian hindari hal ini ketika wabah virus corona berlangsung. Melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika kalian sampai di rumah setelah bepergian.

Jangan melakukan kebiasaan menggunakan sepatu ke dalam rumah, apalagi sampai memakainya saat kalian menjatuhkan diri ke tempat tidur. Pasalnya, hal tersebut dapat berisiko membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman dari luar ke dalam rumah. Untuk itu, ada baiknya kalian selalu melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah.

2. Semprotkan Desinfektan Pada Barang Bawaan


Semprotkan Desinfektan Pada Barang Bawaan

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan disinfektan pada barang-barang yang menempel atau yang kalian bawa saat bepergian. Misalnya, sepatu, pakaian, ponsel, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya.

Kandungan alkohol serta konsentrasi biosida yang tinggi dalam cairan disinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun. Barang-barang tersebut bisa menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya, bila dihirup atau disentuh manusia.

3. Buang Semua Benda Yang Tak Dibutuhkan


Buang Semua Benda Yang Tak Dibutuhkan

Saat bepergian keluar rumah kalian mungkin mampir membeli sesuatu. Kalian juga mungkin mungkin sempat menerima berbagai kertas atau tanda terima pembelian. Karena itu, ketika sampai di rumah, sebaiknya buang semua tanda terima pembelian, seperti kwitansi, struk, atau kertas-kertas yang dirasa tidak diperlukan.

Jika kalian juga baru pulang dari menggunakan transportasi umum, buang semua sisa tiket yang sudah tak terpakai tersebut. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah.

4. Jangan Menyentuh Apapun Dan Jangan Langsung Beristirahat


Jangan Menyentuh Apapun Dan Jangan Langsung Beristirahat
Getty Images/Odilon Dimier

Masuk ke dalam rumah dengan bertelanjang kaki bukan berarti kalian sudah bebas virus. Kalian masih berpotensi untuk membawa virus, oleh karena itu jangan coba-coba menyentuh barang apa pun yang ada di dalam rumah sebelum mencuci tangan sampai bersih.

Jangan juga coba-coba duduk atau merebahkan diri di kursi, sofa, ataupun tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang dikenakan saat bepergian. Bagi para orangtua, hindari juga menyapa atau menggendong anak jika tubuh belum dalam kondisi bersih ya.

5. Cuci Tangan Dengan Sabun


Cuci Tangan Dengan Sabun

Sebelum mulai menyentuh benda yang ada di rumah, kalian tentu harus cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air yang mengalir. Pastikan juga kalian mencuci tangan minimal 20 detik dan dilarang menyentuh hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan.

Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan lalu gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya. Gosok telapak tangan dan sela-sela jari, lalu punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya. Terakhir gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak taangan kiri dan sebaliknya.

6. Buka Pakaian Dan Langsung Cuci


Buka Pakaian Dan Langsung Cuci

Setelah mencuci tangan, segera buka pakaian dan jangan menggantungnya di kamar, apalagi menggunakannya kembali. Pasalnya, pakaian yang kalian kenakan tersebut mungkin saja terdapat virus, bakteri, atau kuman yang menempel dari luar selama bepergian.

Jadi, lebih baik buka pakaian sesegera mungkin saat sampai di rumah setelah bepergian agar virus, bakteri, atau kuman yang menempel tidak menyebar ke area rumah. Jika memungkinkan langsung cuci pakaian tersebut dengan detergen agar kuman dan virus tak semakin menyebar.

7. Mandi Hingga Bersih


Mandi Hingga Bersih

Terakhir, kalian bisa langsung mandi membersihkan tubuh dari ujung kepala sampai kaki hingga bersih. Kalian dianjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas terlebih dahulu, lalu turun ke area tubuh bagian bawah secara berurutan. Hal ini akan memungkinkan sabun membersihkan area tubuh secara merata.

Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, dan area kulit di bawah payudara. Bersihkan pula sela-sela jari dan area genital. Jika ingin keramas, lakukan langkah pertama kali sebelum membersihkan area tubuh lainnya.

Intip juga beberapa tips yang perlu kalian lakukan untuk membuat desinfektan mandiri di sini. Intip juga yuk bagaimana membuat masker sendiri di tengah kelangkaan masker saat wabah virus corona di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait