Kepala BKN Tegaskan Tak Ada Pembatalan SKB CPNS 2019 Karena Wabah Corona
Nasional

Diundurnya pelaksaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 karena wabah corona menyebabkan munculnya rumor yang menyebutkan bahwa pemerintah membatalkan sesi tersebut. Kepala BKN pun memberi konfirmasi berikut.

WowKeren - Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 yang seharusnya digelar pada Rabu (25/3) lalu harus diundur pelaksanaannya lantaran meluasnya wabah corona di Indonesia. Hal ini tentunya membuat para pelamar yang sudah lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) waswas.

Beberapa waktu terakhir bahkan muncul kabar yang menyebutkan pemerintah akan membatalkan SKB CPNS 2019 karena imbas COVID-19 Kabar yang beredar di media sosial tersebut menyebutkan bahwa pemerintah kekurangan dana sehingga terpaksa membatalkan SKB 2019.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana langsung memberikan klarifikasinya. Bima yang juga ketua panitia pelaksana seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2019 menegaskan tidak ada niatan sedikitpun pemerintah membatalkan SKB CPNS 2019.

"Tidak ada wacana di pemerintahan untuk membatalkan SKB CPNS," kata Bima, Selasa (14/4). "SKB akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat jika wabah COVID-19 ini mereda."


Bima kemudian menambahkan bahwa pemerintah mencari pelayan publik yang profesional dan bermartabat sehingga tidak akan mungkin membatalkan SKB CPNS 2019. Kalaupun mengalami pengunduran semata-mata demi menjaga keamanan para peserta.

"Kan kasihan kalau anak-anak terbaik bangsa harus terpapar COVID-19 hanya karena mengikuti SKB CPNS," terangnya. "Itu sebabnya jadwalnya diundur tetapi akan tetap dilaksanakan begitu kondisi aman."

Sebelumnya, Panselnas merencanakan pelaksanaan SKB 2019 digelar akhir April atau awal Mei 2020. Namun terjadi pengunduran jadwal tersebut lantaran Indonesia saat ini tengah dalam keadaan darurat COVID-19.

Plt Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Wijinarko mengatakan bahwa pemerintah baru akan memutuskan untuk menggelar SKB CPNS 2019 tahun ini atau tidak pada Juli 2020 mendatang. "Juli mendatang akan dilihat situasinya. Kalau sudah aman, SKB bisa digelar," ungkapnya. "Jika kondisinya masih darurat Covid-19, dengan sangat terpaksa diundur di 2021."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait