Single Baru Kekeyi Dianggap Jiplak, Pencipta Lagu 'Aku Bukan Boneka' Buka Suara
Instagram
Musik
Kontroversi Lagu Kekeyi

Publik menilai ada kemiripan antara lagu 'Keke Bukan Boneka' milik Rahmawati Kekeyi dengan lagu 'Aku Bukan Boneka' yang dipopulerkan oleh Rini Wulandari beberapa tahun silam.

WowKeren - Rahmawati Kekeyi resmi merambah dunia musik dengan merilis single "Keke Bukan Boneka" pada Jumat (29/5). Rupanya video klip lagu tersebut berhasil memuncaki trending YouTube, serta ditonton lebih dari 1,5 juta kali meski belum lama dirilis.

Akan tetapi, lagu "Keke Bukan Boneka" ternyata menuai banyak kontroversi dan kritikan. Tak hanya suara Kekey yang dianggap belum mumpuni, lagu "Keke Bukan Boneka" juga dinilai menjiplak lagu "Aku Bukan Boneka" yang dipopulerkan oleh Rini Wulandari beberapa tahun silam.


Mengetahui hal tersebut, Novi Umar selaku pencipta lagu "Aku Bukan Boneka" memberikan tanggapan dan memaklumi Kekey yang baru terjun sebagai penyanyi. Namun Novi menyayangkan pihak manajemen maupun label rekaman, yang menggarap lagu "Keke Bukan Boneka" dengan mengambil sebagian karyanya tanpa izin.

"Saya mungkin akan memaklumi karena penyanyi ini bukan penyanyi yang sebelumnya punya album atau sekian banyak single sebelumnya, mungkin dia enggak paham tentang karya cipta atau Hak Kekayaan Intelektual seseorang," ucap Novi di Instagram pada Sabtu (30/5). "Yang saya sayangkan, dia pasti memiliki management atau manajer yang menaungi atau bahkan label yang tempat dia rilis ini sangat paham akan hal itu. Sedangkan part yang diambil merupakan racunnya lagu ini. Menurut saya, ini mengambil hak saya tanpa seizin saya."

Lebih lanjut, Novi mengungkapkan bahwa ia sudah menyerahkan masalah dugaan plagiarisme lagu "Aku Bukan Boneka" kepada label rekamannya. Novi pun menegaskan bahwa ia tak bermaksud buruk kepada Kekey yang baru menjajal dunia tarik suara.

"Masalah ini saya sudah serahkan kepada pihak @sonymusicid selaku label yang menaungi saya, sekali lagi saya mohon maaf serta bukan bermaksud tidak baik kepada @rahmawatikekeyiputricantikka23," tulis Novi di postingan lain pada hari yang sama. "Saya hanya ingin ini menjadi pembelajaran utk semua orang betapa pentingnya menghargai karya cipta orang lain, saya juga percaya rezeki sudah diatur oleh Allah Azza Wajala yg maha kaya."

Usai melihat postingan Novi tersebut, para netter pun turut memberikan dukungan untuknya agar menuntut hak cipta terhadap pihak Kekey. Mereka berharap pihak Kekey merespons Novi untuk bisa segera menyelesaikan masalah mereka.

"Bang harus di pertahankan lah hak ciptamu," komentar akun @de****97. "Kekkk keekkkk @rahmawatikekeyiputricantikka23 yukk ahhh ijin dulu sm mas @novi_umar81," sahut akun @mo****ia. "Duh hari geneee masih nyontek.." sahut akun @jond****sady.

"Semangat bang @novi_umar81 .. lemahnya di indonesia adalah mslh menghargai karya atau hak intelektual... Semoga cepat selesai.." ujar akun @priy***dita. "Wah,, parah ini om,, harus dapat royalti donk apalagi videonya trending di YouTube," seru akun @chokyp******rompies.

(wk/evaa)

You can share this post!

Related Posts