Sampul Majalah TIME Jadi Sorotan Usai 'Sentil' Trump Rasis ala Hitler
Twitter/osekoer
Dunia

Gambar sampul majalah mingguan TIME menjadi sorotan lantaran menampilkan siluet Presiden Amerika Serikat Donald Trump serta pemimpin Nazi Adolf Hitler.

WowKeren - Gambar sampul majalah TIME baru-baru ini menjadi sorotan khalayak lantaran menyindir Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersifat rasis seperti Adolf Hitler. Bahkan gambar tersebut telah beredar luas di media sosial.

Gambar sampul majalah dengan corak khas TIME yakni tulisan besar berwarna merah serta gambar yang bermakna mendalam ini, langsung menjadi perbincangan sejumlah warganet. Pasalnya, gambar sampul majalah itu berisi siluet wajah Trump dari samping, yang ditempatkan sebagai "kumis" Adolf Hitler.


Seperti yang dapat dilihat sosok Hitler digambarkan melalu siluet rambutnya bersama dengan "kumis" dengan wajah Trump yang mengartikan jika sosok yang dimaksud adalah sang pimpinan Nazi. Sindiran rasialisme diperkuat dengan tulisan kecil di pojok kanan bawah sampul, yang berarti "Rasisme. Virus yang paling bahaya."

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan apakah benar majalah TIME tersebut membuat sampul bernada sindiran seperti itu? Pasalnya, di AS dan sejumlah negara lainnya saat ini tengah diramaikan dengan demonstrasi kematian George Floyd.

Dilansir EN24, sampul majalah tersebut bukanlah bikinan dari majalah mingguan Amerika Serikat tersebut. Karya pada sampul tersebut merupakan milik seorang kartunis Perancis bernama Luc Descheemaeker.

Kartunis yang juga dikenal dengan nama pena O-sekoer itu membuatnya pada 2016 dengan judul karya "Trump/H". Pada 2016 lalu, Trump/H bersama karya-Descheemaeker lainnya telah dipamerkan di Mexico City yang mengangkat ketenarannya hingga ke seluruh dunia.

Sejak saat itu, gambar Trump/H tersebar ke seluruh dunia dan terkadang muncul di beberapa berita. Sementara itu, apabila ditelusuri dari akun Twitter sang kartunis diketahui bahwa ia kerap mengunggah hasil karyanya yang bernada sindiran untuk Trump.

Seperti pada Selasa (2/6) dimana ia menggambar wajah Trump ditutupi karung, duduk di kursi sambil membawa tongkat golf, dan ada tulisan "Aku tidak bisa bernapas."

Ilustrasi Sindiran Trump

Twitter

Trump dan tongkat golf juga muncul di unggahannya pada Selasa (26/5). Berlatar belakang koran The New York Times yang menampilkan nama-nama korban meninggal COVID-19, Trump digambarkan sedang bermain golf dengan bola berbentuk planet Bumi dan hendak diarahkan ke sebuah tinja.

Gambar itu diunggah tak lama setelah The New York Times menampilkan nama-nama korban COVID-19 di Negeri "Paman Sam" yang hampir mencapai 100.000 kala itu.

Karya lainnya yang menyindir Presiden AS tersebut adalah gambar sang presiden yang kepalanya ditutupi tabung reaksi kimia bertuliskan hidroksiklorokuin, dengan beberapa nyamuk di tabung itu. Seperti yang diketahui, Trump sempat menuai kontroversi lantaran mendesak penggunaan hidroksiklorokuin yang merupakan obat malaria sebagat obat virus corona, meski belum terbukti ampuh.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts