Terbiasa Minum Susu dengan Botol
Health

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami karies gigi. Dengan mengetahui penyebabnya, orangtua dapat melakukan beberapa langkah pencegahan agar si kecil tidak sampai mengalami kondisi tersebut.

WowKeren - Anak-anak terutama bayi dan balita akan sangat sulit untuk berhenti minum susu dari botol atau sippy cup. Padahal jika kebiasaan ini terus dibiarkan, anak-anak akan mengalami karies gigi. Saat minum susu menggunakan botol, tak jarang si kecil sampai ketiduran. Dan tanpa disadari, sisa susu dan gula yang bersarang di sela-sela gigi akan menjadi target bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bakteri akan membentuk plak sehingga menghasilkan asam yang mengikis lapisan enamel gigi. Gabungan dari plak dan lapisan enamel yang perlahan mulai menghilang akan mengakibatkan gigi berlubang. Kondisi inilah yang kemudian disebut dengan karies botol. Karena itulah jika sudah cukup besar, sebaiknya biasakan anak untuk minum dari gelas bukan botol susu.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait