Bayi Usia 28 Hari di Jatim Ini Positif Terjangkit Corona, Diduga Tertular Orang yang Besuk
Getty Images/Adek Berry
Nasional

Menurut Ketua Penanganan Pasien COVID-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Syaiful Hidayat, pasien bayi tersebut kini tengah diisolasi. Sang bayi disebut mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

WowKeren - Seorang bayi berusia 28 hari di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit virus corona atau COVID-19. Bayi tersebut diduga tertular dari tetangga yang membesuknya.

Termasuk pasien bayi ini, Pamekasan melaporkan adanya tambahan 5 kasus COVID-19 pada Selasa (9/6) kemarin. Dengan demikian, total jumlah kasus positif corona di Pamekasan kini telah mencapai 51 pasien.

Menurut Ketua Penanganan Pasien COVID-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Syaiful Hidayat, pasien bayi tersebut kini tengah diisolasi. Sang bayi disebut mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

"Bayi ini diduga terpapar saat digendong oleh warga yang membesuk. Kemungkinan dari sekian orang yang menjenguk, ada yang terpapar COVID-19," jelas Syaiful dilansir CNN Indonesia pada Rabu (10/6) hari ini. "Asal bayi ini dari Kecamatan Tlanakan. Sementara di daerah ini jumlah yang positif corona sudah tembus 10 orang."


Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan lantas diinstruksikan untuk melakukan penelusuran kontak kepada kedua orangtua bayi tersebut. Hal ini dilakukan supaya mereka bisa menjalani isolasi di rumah hingga hasil rapid test dan tes swab dirilis.

"Bayi dirawat oleh tenaga medis khusus dan dipisahkan dengan bayi lainnya," tutur Syaiful. "Untuk menghindari adanya penularan kepada bayi lainnya."

Syaiful mengungkapkan bahwa kasus ini adalah pertama kalinya seorang bayi terpapar corona di Pamekasan. Oleh sebab itu, Syaiful mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang lain, terutama di zona merah yang memiliki jumlah kasus COVID-19 tinggi.

Di Pamekasan sendiri, kini ada 2 wilayah kecamatan yang menjadi penyumbang kasus corona tertinggi. Yang pertama adalah kecamatan Pamekasan dengan 17 kasus corona, dan yang kedua adalah kecamatan Tlanakan dengan 10 kasus corona.

Di sisi lain, Indonesia melaporkan 34.316 kasus positif COVID-19 per Rabu (10/6) hari ini. Dari jumlah tersebut, 12.129 pasien dinyatakan sembuh dan 1.959 orang dilaporkan meninggal dunia.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait