Pandemi COVID-19, Masyarakat Diminta Waspadai Masuknya Ideologi Asing di Luar Pancasila
Nasional

Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke sehingga akan sulit untuk memantau pergerakan orang yang mungkin saja membawa ideologi lain.

WowKeren - Fraksi Partai Demokrat meminta agar masyarakat mewaspadai adanya penumpang gelap ideologi asing di tengah pandemi. Penumpang gelap ini tak segan memanfaatkan situasi di tengah pandemi untuk menyebarkan paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Kita sebagai warga negara harus tetap awas dan waspada, kata Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf di Jakarta, Rabu (10/6). "Untuk mencegah masuknya ideologi impor itu ke masyarakat awam."

Oleh sebab itu, para komponen bangsa harus lebih gencar dalam menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila itu kepada masyarakat awam. Kondisi dimana ada penumpang gelap ideologi yang memanfaatkan keadaan darurat di suatu negara juga terjadi di belahan lain dunia.

Menurutnya, ideologi asing saat ini tidak begitu terlihat di tengah masyarakat. "Orang awam menurut saya tidak mendalami dan tidak memahami adanya ancaman itu," tegasnya.


Sementara itu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Oleh sebab itu, akan sulit bagi Indonesia untuk memantau setiap pergerakan orang yang mungkin saja membawa ideologi lain.

Belum lagi ditambah populasi penduduk RI yang mencapai lebih dari 260 juta jiwa sebagai negara dengan penduduk terpadat ke-4 di dunia. Oleh sebab itu, ia meminta agar BNPT sebagai garda terdepan dalam penanggulangan terorisme lebih jeli melihat perang ideologi transnasional, khususnya yang berlangsung di media sosial.

"Hanya pesan saya kepada pemerintah jangan anti-dikritik. Karena saat ini orang dengan keterbatasan yang ada pasti keluh kesahnya banyak, nah, kita harus menjawab hal itu dengan menjelaskan langkah-langkah apa yang akan dilakukan," tuturnya menjelaskan. "Jangan setiap orang yang mengkritik, lalu besoknya, katakanlah dia diproses, jangan sampai seperti itu."

Namun, ia yakin jika pada akhirnya ideologi Pancasila akan tetap menang melawan ideologi-ideologi lainnya. Pasalnya, sejak awal Pancasila telah tumbuh menjadi ruh bangsa Indonesia. Pancasila juga mencerminkan sikap gotong royong yang merupakan ciri khas warga Indonesia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait