Mengatasi Keputihan hingga Meningkatkan Kesuburan, Ini 8 Manfaat Daun Beluntas yang Jarang Diketahui
Health

Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, daun beluntas ternyata memiliki sejumlah manfaat menakjubkan untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Daun beluntas merupakan salah satu jenis tanaman semak yang memiliki tinggi tiga meter dengan banyak cabang. Pada umumnya, tanaman liar ini tumbuh di pekarangan rumah, sehingga kerap dijadikan pagar hidup oleh banyak orang.

Tanaman yang memiliki nama latin pluchea indica ini mengandung banyak sekali senyawa aktif yang dikaitkan dengan pencegahan maupun pengobatan penyakit tertentu. Senyawa tersebut di antaranya adalah alkaloid, flafonoida, fosfor, kalsium, magnesium, minyak atsiri, natrium dan tannin.

Karena berbagai kandungan tersebut, daun beluntas memiliki banyak sekali manfaat luar biasa yang jarang diketahui. Penasaran apa sajakah itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mengatasi Keputihan


Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah yang kerap menimpa banyak wanita. Keputihan akan muncul ketika hormon estrogen meningkat sehingga mengeluarkan lendir dari area kewanitaan. Meskipun dianggap normal, keputihan bisa menjadi sebuah tanda penyakit jika disertai dengan gejala tertentu seperti nyeri hingga gatal-gatal di area kewanitaan.

Kondisi ini pasti sangat tidak nyaman kan? Oleh sebab itu sebaiknya segera atasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun beluntas atau memakannya sebagai lalapan. Hal ini dikarenakan daun beluntas mengandung senyawa yang bersifat anti bakteri dan minyak atsiri yang dapat mengatasi keputihan sekaligus meredakan rasa nyerinya.

2. Meningkatkan Kesuburan


Meningkatkan Kesuburan

Bagi kalian yang ingin meningkatkan kesuburan, sebaiknya konsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin. Hal ini dikarenakan daun beluntas dapat membantu menjaga kesehatan rahim, tempat bertumbuhnya janin. Manfaat ini didapat dari kandungan antibakteri dan antioksidan yang mampu mencegah gangguan penyakit rahim, termasuk kanker rahim.

3. Meningkatkan Kesehatan Organ Intim


Meningkatkan Kesehatan Organ Intim

Masih berkaitan dengan kesuburan, kalian juga dapat memanfaatkan daun beluntas untuk menjaga kesehatan organ intim. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa salah satu penyebab sulitnya mendapatkan keturunan adalah karena bersarangnya bakteri di dalam organ intim. Untuk itu, sebaiknya konsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin untuk menjaga kebersihan organ vital.

Salah satu kandungan utama dari daun beluntas adalah minyak atsiri yang bersifat anti bakteri. Dengan kadar lima persen saja, minyak atsiri bisa membantu mengatasi bakteri staphylococcus aureus, sedangkan jika digunakan dengan kadar 20 persen, ia mampu membunuh bakteri escherechia coli.

4. Menurunkan Risiko Kanker Serviks


Menurunkan Risiko Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu masalah reproduksi yang menjadi momok bagi para wanita. Kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) ini menyerang mulut dan leher rahim karena terjadinya perubahan sel yang abnormal pada serviks. Akibatnya, pasien yang positif kanker serviks cenderung kesulitan untuk hamil.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan diri agar terhindar dari kanker serviks. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun beluntas yang mengandung senyawa antikanker yang dapat membantu menurunkan risiko kanker serviks.

5. Mengobati Pegal Linu dan Rematik


Mengobati Pegal Linu dan Rematik
Shutterstock

Manfaat air rebusan daun beluntas berikutnya adalah untuk mengatasi pegal linu. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga efektif untuk mengatasi pegal linu. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup rebus 3-4 lembar daun beluntas lalu minum air rebusannya sampai pegal linu hilang.

Selain pegal linu, daun beluntas juga dapat digunakan untuk mengobati rematik. Rematik sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena otot mengalami peradangan. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, daun beluntas memiliki efek anti inflamasi yang berperan penting untuk mengatasi peradangan yang sering menjadi gejala rematik.

6. Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut


Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan bau badan, sebaiknya konsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin. Sudah sejak lama tanaman ini dipercaya sebagai deodoran alami yang efektif dalam menghilangkan bau badan. Manfaat ini sendiri diperoleh dari kandungan senyawa anti bakteri yang ada di dalamnya.

Selain bau badan, kalian yang bermasalah dengan bau mulut juga dapat mengatasinya menggunakan daun beluntas. Kandungan anti bakteri pada daun beluntas efektif mengurangi senyawa tak sedap di dalam mulut. Karena itulah meminum air rebusan daun beluntas menjadi salah satu solusi yang tepat bagi kalian yang memiliki bau mulut tak sedap.

7. Mencegah Penuaan Dini


Mencegah Penuaan Dini
Rawpixel/McKinsey

Kandungan senyawa antioksidan pada daun beluntas dapat digunakan untuk merawat sel-sel wajah agar terhindar dari oksidasi. Jika sudah demikian, sel-sel kulit wajah akan mengalami kerusakan yang berimbas pada terjadinya penuaan dini. Seperti timbulnya kerutan, flek hitam dan munculnya garis-garis halus pada wajah.

Mengkonsumsi daun beluntas secara rutin dapat menghambat proses penuaan dini karena perannya pentingnya dalam mengganti sel-sel kulit yang mati. Dengan begitu, kecantikan dan kesehatan wajah akan senantiasa terjaga.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, memperkuat sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah akan mudah terserang penyakit dan terinfeksi virus, termasuk virus Corona. Nah, salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun beluntas.

Demikian delapan manfaat daun beluntas yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat air rebusan kacang hijau untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan manfaat menakjubkan air rebusan daun mangga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru