Heboh Bakteri Listeria di Jamur Enoki, Siapa Saja yang Masuk Kelompok Rentan Terinfeksi?
Shutterstock/Korn22
Health

Baru-baru ini wabah Listeria yang disebabkan oleh jamur Enoki menjadi sorotan publik. Pasalnya, wabah ini sudah memakan korban jiwa di Amerika Serikat. Lantas, kelompok mana sajakah yang tergolong rentan terhadap infeksi ini?

WowKeren - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan adanya wabah wabah Listeria yang disebabkan oleh jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan. Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PPKKP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI pun menunjukkan bahwa jamur enoki terbukti mengandung bakteri Listeria.

Hal ini membuat pemerintah dengan sigap memusnahkan beberapa stok jamur enoki yang masih tersisa di Indonesia. Di Amerika Serikat (AS) sendiri, wabah Listeria telah menyerang 17 negara bagian Amerika Serikat dan mengakibatkan 4 orang meninggal dunia.

Dikutip dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, mereka memperkirakan bahwa Listeria adalah penyebab utama kematian ketiga dari penyakit bawaan makanan atau keracunan makanan di AS. Diperkirakan 1.600 orang sakit akibat Listeria setiap tahun, dan sekitar 260 orang meninggal.

Listeria kemungkinan besar akan membuat ibu hamil dan bayi mereka sakit, orang dewasa berusia 65 atau lebih, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Namun, perempuan hamil akan 10 kali lebih mungkin terkena infeksi Listeria dibanding orang lain.


Selain itu, perempuan hamil dengan infeksi Listeria dapat menularkan infeksi kepada bayi mereka yang belum lahir. Infeksi Listeria sendiri dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, dan persalinan prematur. Di samping itu, infeksi Listeria dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada bayi baru lahir.

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh dan organ mereka tidak mampu mengenali dan membersihkan tubuh dari kuman berbahaya, termasuk yang menyebabkan keracunan makanan. Banyak orang dewasa yang lebih tua juga hidup dengan kondisi kronis, seperti diabetes dan kanker, dan minum obat yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, asam lambung berkurang seiring bertambahnya usia. Padahal asam lambung memainkan peran penting dalam membunuh kuman dan mengurangi risiko penyakit. Mereka ini juga menjadi kelompok berisiko terkena Listeria.

Lalu ada kelompok orang dengan sistem kekebalan yang lemah karena kondisi medis yang mendasarinya, seperti kanker, diabetes, penyakit hati atau ginjal, alkoholisme, dan HIV atau AIDS, lebih mungkin terkena infeksi Listeria. Perawatan yang membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan penyakit, seperti steroid dan kemoterapi, juga dapat meningkatkan kemungkinan infeksi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel