Perlu Dilindungi Sejak Dini, Ini 7 Tips Menjaga Mata Anak Agar Tetap Sehat Hingga Dewasa
Health

Kesehatan mata perlu dijaga sejak dini, jadi enggak hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga kesehatan mata karena mata anak dalam masa pertumbuhan masih rentan.

WowKeren - Mata menjadi salah satu indera yang mudah bermasalah. Oleh karena itu, kesehatan mata perlu dijaga sejak dini, jadi enggak hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga kesehatan mata karena mata anak dalam masa pertumbuhan masih rentan.

Orangtua sebaiknya memberikan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan mata anak. Jika ada gangguan pada kesehatan mata anak, maka tidak hanya membuat penglihatan matanya kurang optimal, namun juga dapat menghambat aktivitas mereka termasuk aktivitas belajar, sosial, dan hobinya.

Sebagai orangtua, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menjaga kesehatan mata anak. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Berikan Asupan Makanan Yang Bergizi


Berikan Asupan Makanan Yang Bergizi
Pixabay

Cara pertama membantu menjaga kesehatan mata anak adalah dari dalam yakni dengan cara memberinya makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Beberapa nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan mata antara lain antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3 dan lutein.

Biasakan anak untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan seperti wortel, tomat, stroberi, serta makanan bernutrisi lainnya seperti udang, ikan salmon, dan ikan tuna agar anak memiliki penglihatan yang sehat dan terang. Makanan seperti ikan salmon, udang, ikan tuna, dan ikan patin juga baik untuk menjaga kesehatan mata anak kalian.

2. Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak


Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak
Getty Images

Saat ini, gadget sudah sulit dipisahkan dari anak. Padahal, penggunaan gadget yang berlebihan tentu memberikan dampak negatif pada mata, seperti mata lelah, mata minus, dan mata kering. Untuk mencegahnya,orangtua disarankan membatasi penggunaan gadget pada pada anak.

Batasi penggunaan gadget menjadi 1-2 jam per hari. Jelaskan pada anak mengenai porsi waktu penggunaan gadget, dengan konsep yang mudah dimengerti. Pastikan waktu penggunaan gadget tidak mengganggu kewajiban di sekolah, waktu untuk keluarga, waktu makan, dan waktu tidur anak ya.

3. Sering Ajak Anak Bermain Di Luar Rumah


Sering Ajak Anak Bermain Di Luar Rumah
Pixabay

Daripada membiarkan anak bermain gadget atau menonton tv seharian di dalam rumah, ibu dianjurkan untuk sering-sering mengajak anak bermain di luar rumah. Cara ini dapat menjaga kesehatan mata anak dari rabun dekat atau myopia akibat terlalu sering bermain gadget.

4. Pakaikan Anak Kaca Mata Hitam Jika Matahari Terik


Pakaikan Anak Kaca Mata Hitam Jika Matahari Terik

Meski sering mnegajak anak bermain di luar namun jangan lupa beri perlindungan pada mata mereka. Lindungi mata anak dari sinar UV yang bisa merusak penglihatan, terutama jika mata anak kalian berwarna terang. Kalian dapat melindungi mata anak dengan memakaikan kacamata hitam atau topi saat beraktivitas di siang hari yang terik.

Paparan sinar UV intensitas tinggi, seperti pada sinar matahari, lampu halogen, dan lampu di studio foto dapat langsung menyebabkan kerusakan serius pada mata. Bukan hanya dalam intensitas tinggi, paparan radiasi UV sehari-hari yang berlebihan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan berbagai kelainan pada mata loh.

5. Hindarkan Anak Dari Resiko Cedera Mata


Hindarkan Anak Dari Resiko Cedera Mata

Jauhkan anak dari cairan kimiawi berbahaya yang bisa merusak matanya, seperti kosmetik semprot (spray), sabun, sampo, karbon, dan bahan kimiawi lainnya. Saat mengajak anak beraktivitas atau bermain di luar ruangan pun, sebisa mungkin lindungi mata anak dari terpaan debu.

Saat anak berenang pun, sebaiknya anak mengenakan kacamata renang agar matanya terlindungi dari air kolam renang yang berkaporit. Beritahu juga si kecil agar tidak mengucek-kucek mata bila terasa gatal agar kornea mata tidak tergores.

6. Sering Ingatkan Anak Tak Melakukan Kebiasaan Yang Merusak Mata


Sering Ingatkan Anak Tak Melakukan Kebiasaan Yang Merusak Mata
Shutterstock

Menurunnya ketajaman penglihatan (visus) anak seringkali disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang ia lakukan. Membaca buku terlalu dekat, membaca dengan penerangan yang temaram, membaca buku sambil tiduran, dan menonton TV terlalu dekat merupakan beberapa kebiasaan yang menyebabkan anak harus memakai kacamata di usianya yang masih kecil.

Oleh karena itu, ingatkanlah anak untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan tidak baik tersebut. Ajari anak memberik jarak antara matanya dengan buku sekurang-kurangnya 30 sentimeter. Beri cahaya yang cukup jika si kecil ingin membaca. Begitu juga saat menonton TV, anak setidaknya harus duduk sejauh lima kali lipat lebar diagonal ukuran televisi.

7. Periksakan Mata Anak Secara Rutin


Periksakan Mata Anak Secara Rutin

Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan sebelum muncul keluhan pada penglihatan anak, setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya masalah pada mata si kecil dan memastikan bahwa mata mereka tetap sehat.

Semakin cepat gangguan kesehatan mata anak terdeteksi, maka akan semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan. Dukung juga kesehatan mata dan fungsi penglihatannya dengan memastikan Si Kecil mendapat istirahat yang cukup. Jika kalian curiga bahwa Si Kecil mengalami gangguan penglihatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Intip juga yuk beberapa tips saat menggunakan softlens agar tetap aman dalam artikel ini. Intip juga berbagai kegiatan tak terduga yang ternyata bisa sebabkan mata minus di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait