Viral Kamar Kos Penuh Tumpukan Sampah, Penghuni Diduga Idap Hoarding Disorder
iStock
SerbaSerbi

Seorang pemilik kos di daerah Jakarta dibuat terkejut melihat salah satu kamar yang disewakannya penuh dengan tumpukan sampah. Diduga, penghuni kamar kos tersebut telah kabur sejak 2 bulan lalu.

WowKeren - Media sosial dihebohkan dengan penampakan tak sedap dari sebuah kamar kos di daerah Jakarta. Pasalnya, kamar kos yang disewakan tersebut ternyata dipenuhi dengan tumpukan sampah. Sontak pemandangan ini membuat pemilik kos terkejut bukan main.

Kisah ini diungkap oleh seorang warganet di Twitter dengan akun @ksiezyc26, Minggu (12/7). Dalam cuitannya, akun tersebut terkejut kamar yang sebelumnya ditinggali oleh seorang pekerja perempuan, ternyata dipenuhi dengan sampah.

Peristiwa ini bermula ketika pemilik kos hendak membuka kamar yang telah lama ditinggal oleh penghuninya, dikabarkan perempuan yang itu sudah menyewa selama dua tahun namun pada dua bulan terakhir ia kabur dari tempat kos. Pemilik kos tadinya berniat untuk membersihkan kamar tersebut dan menyewakannya kepada orang lain.

Namun, betapa kaget sang pemilik kos ketika membuka pintu kamar dan mengetahui kamar tersebut telah berubah menjadi tempat penampungan sampah. Ada begitu banyak sampah yang menutupi seisi kamar sehingga membuat pemilik dan penghuni kamar lainnya terkaget-kaget.

"Sumpah gue kaget banget biasanya lihat di berita, sekarang lihat sendiri di kosan gue ada orang yang selama ini tidur sama sampah," tulis akun tersebut yang kemudian di-repost oleh sebuah akun gosip di Instagram.


Viral Kamar Kos Penuh Tumpukan Sampah, Penghuni Diduga Idap Hoarding Disorder

Instagram

Dalam cuitannya, akun tersebut melampirkan beberapa gambar serta video yang menampilkan kondisi dari kamar kos itu. Nampak sampah menggunung yang berhamburan hingga tempat tidur.

Menurut kesaksian akun @ksiezyc26, yang sepertinya juga menjadi salah satu penghuni di sana, ia mengaku sama sekali tak mengenal penghuni kamar tersebut. Selama tiga bulan terakhir, ia juga hanya pernah melihat sang penghuni kamar tak lebih dari tiga kali.

Melihat tumpukan sampah yang tidak lazim, ia dan warganet menduga penghuni kamar tersebut menderita gangguan kejiwaan bernama Hoarding Disorder atau keinginan untuk menimbun segala barang yang ia miliki, termasuk sampah sekalipun.

"Seseorang tersebut mengalami gangguan kejiwaan yang disebut Hoarding Disorder atau gangguan menimbun," kata @ksiezyc26. "Dia mengalami kesulitan untuk membuang atau berpisah dengan benda apapun yang dimilikinya karena merasa memiliki ikatan spesial dengan barang tersebut, termasuk tumpukan sampah yang ada di kamarnya."

"Itu kelainan nder. Dalam dunia medis disebut hoaders, sebuah penyakit dimana penderitanya menimbun semua barang & sampah dalam ruangannya," tulis @bethani****. "Penderita akan marah/panik kalau salah satu barang yang dia timbun hilang/dibersihkan. Mereka merasa terlalu sayang pada barang-barang yang dikumpulkan."

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts