Pandemi Bikin Kegiatan Sekolah Tak Maksimal? 8 Aplikasi Ini Bantu Kalian Belajar Online Di Rumah
Tekno

Baik secara online maupun tatap muka secara langsung, pembelajaran tak bisa semaksimal ketika sebelum pandemi terjadi. Berbagai halangan harus dihadapi siswa dan orangtua.

WowKeren - Meski di tengah pandemi, beberapa sekolah kini sudah mulai melakukan pembelajaran. Sejumlah sekolah diketahui terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) online. Namun, ada juga beberapa sekolah di Indonesia yang mengadakan pertemuan tatap muka di hari pertama tahun ajaran baru untuk mengenalkan para siswa terhadap lingkungan sekolah.

Namun, baik secara online maupun tatap muka secara langsung, pembelajaran tak bisa semaksimal ketika sebelum pandemi terjadi. Berbagai halangan harus dihadapi siswa dan orangtua, mulai dari waktu hingga fasilitas yang dimiliki masing-masing keluarga siswa.

Oleh karena itu, pembelajaran hendaknya dibarengi dengan belajar mandiri di rumah. Berikut tim WowKeren telah rangkum beberapa aplikasi yang bisa siswa dan orangtua coba guna memaksimalkan pembelajaran di rumah. Aplikasi ini bisa diakses kapan saja, sehingga anak bisa belajar kapanpun mereka mau. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Quipper


Quipper

Aplikasi pertama yakni Quipper yang sudah terkenal di kalangan pelajar. Quipper enggak hanya menyediakan opsi pembelajaran online, kalian juga bisa mengunduhnya dan belajar offline melalui aplikasi ini loh. Quipper juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang cukup lengkap dan disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, kalian yang sering lupa belajar, Quipper juga bisa membuat jadwal mingguan agar proses belajar lebih teratur. Hal ini tentu sangat berguna apalagi untuk orang tua yang memiliki anak sekolah yang masih butuh pantauan. Untuk menikmati konten-konten ekslusif yang ada di Quipper, setidaknya kalian bisa membayar biaya langganan mulai dari Rp 90 ribuan per bulan.

2. Zenius


Zenius

Zenius bisa dibilang sudah lama berkiprah dalam dunia belajar online. Bahkan, kini Zenius telah hadir berbasis aplikasi smartphone loh. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik untuk belajar online, seperti Bank Soal, Ujian Berbasis Komputer, Analisis & Rekapitulasi, Video & Latihan Soal, dan Laporan Belajar.

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dengan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

3. Ruangguru


Ruangguru

Ruangguru saat ini menjadi salah satu aplikasi belajar online yang hits dikalangan pelajar. Aplikasi ini menyediakan semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Program di Ruangguru ini bisa diakses oleh murid yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain sekolah online, para murid bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan try out secara gratis. Aplikasi Ruangguru ini bisa kalian unduh di Play Store maupun App Store.

4. Rumah Belajar


Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh Kemendikbud loh. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi. Sebagai portal pembelajaran online, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. Jenjang pembelajarannya juga luas mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, hingga SLB.

5. Sekolahmu


Sekolahmu

Sekolahmu merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Ketika pandemi ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah loh.

6. Kelas Pintar


Kelas Pintar

Jika kalian mencari aplikasi belajar online yang lengkap dan mudah diakses, Kelas Pintar adalah solusinya. Aplikasi ini memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Pengguna bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif. Di aplikasi belajar online ini, pengguna juga dapat berlatih soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Hasil belajar dievaluasi dengan Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, dan Tes Periodik.

7. Edmodo


Edmodo

Edmodo menjadi aplikasi belajar yang banyak digandrungi orangtua. Pasalnya aplikasi Edmodo saat ini memiliki tampilan dan fitur baru yang menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar.

Selain memberikan materi dan penugasan, guru juga bisa mendapatkan survei dari metode pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi. Edmodo juga menyediakan fitur pesan langsung yang menghubungkan antara siswa dan guru secara personal. Buat kalian yang penasaran, bisa langsung coba aplikasi kelas online yang satu ini ya.

8. Microsoft: Office 365 for Education


Microsoft: Office 365 for Education

Pandemi yang berlangsung membuat Microsoft menyediakan layanan Office 365 yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis dan bukan versi percobaan. Office 365 Education mencakup fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya.

Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menciptakan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online. Layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah yang sah dalam laman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk Office 365 Education loh.

Intip juga yuk beberapa tips yang bisa bantu orangtua persiapkan anak kembali bersekolah di era new normal di sini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui makanan lezat yang cocok dijadikan bekal saat anak kembali sekolah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait