Tetap Rapi Dan Bersih, 7 Tips Ini Bisa Bantu Kalian Bikin Kamar Tidak Mudah Berdebu!
Lifestyle

Debu biasanya bersarang di beberapa tempat termasuk perabotan di kamar. Membiarkan debu menumpuk terlalu banyak akan menimbulkan alergi dan masalah kesehatan lainnya, jadi lebih baik kalian mengendalikannya.

WowKeren - Kamar yang rapi dan bersih tentu sangat nyaman dan menyenangkan. Namun sayang, keberadaan debu di kamar sering kali menjadi keluhan banyak orang. Debu adalah akumulasi dari partikel-partikel kecil, termasuk potongan serat kain, kertas, rambut, bulu hewan peliharaan, sel kulit, kotoran, dan lebih banyak lagi.

Debu biasanya bersarang di beberapa tempat termasuk perabotan di kamar. Membiarkan debu menumpuk terlalu banyak akan menimbulkan alergi dan masalah kesehatan lainnya, jadi lebih baik kalian mengendalikannya.

Tidak mungkin menghilangkan seluruh debu, namun ada metode pembersihan yang bisa mengurangi secara drastis jumlah debu yang bersarang di kamar kalian. Penasaran? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips dan cara menghilangkan debu-debu itu dari kamar kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jangan Simpan Barang Di Kolong Kasur


Jangan Simpan Barang Di Kolong Kasur

Ruang kosong di bawah tempat tidur biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Tapi, kebiasaan ini justru bisa membuat kamar menjadi sarang debu loh. Oleh karena itu, hindarilah menyimpan barang-barangmu di kolong tempat tidur ataupun lemari.

Benda-benda di bawah ini tentunya rentan terhadap kotoran sehingga mudah berdebu. Selain itu barang yang diletakkan di kolong juga membuat kalian sulit untuk membersihkan lantai secara menyeluruh. Usahakan menyimpan barang-barangmu di tempat yang lebih terjangkau dan mudah dibersihkan. Jika hendak menyimpan sesuatu di kolong, pastikan kolong tertutup rapat agar debut tidak mudah masuk.

2. Bersihkan Perabotan Kamar Dengan Lap Basah


Bersihkan Perabotan Kamar Dengan Lap Basah

Banyak orang yang membersihkan kamar berdebu dengan kemoceng atau sapu, hal ini justru salah. Membersihkan debu dengan kemoceng atau sapu hanya akan memindahkan debu ke udara. Debu hanya akan melayang-layang di udara dan nantinya akan hinggap lagi ke perabotan kalian. Untuk menghindari debu berterbangan ke penjuru kamar yang lain, bersihkan perabotan berdebu dengan lap basah sebanyak 2-3 kali.

Membersihkan lantai juga ada tahapannya. Pertama, sapu lantai dengan kain pel basah sehingga debu-debu kering ikut basah dan menggumpal. Debu yang sudah menggumpal akan lebih mudah dibersihkan dan tidak berterbangan. Kedua, sapu debu-debu tersebut dengan sapu biasa. Ketiga, pel kembali lantai dengan pewangi lantai.

3. Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur


Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur
Rawpixel/Chanikarn Thongsupa

Ada beberapa bagian dari kamar yang perlu mendapat perhatian khusus, salah satunya adalah kasur, yang tentunya berpengaruh pada kenyamanan saat tidur. Biasakan untuk selalu merapikan tempat tidur setelah bangun. Tak hanya itu, permukaan tempat tidur juga perlu dibersihkan dari debu atau kotoran dengan sapu lidi atau vacuum cleaner setidaknya 2 kali sehari.

Kemudian gantilah sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali. Jangan lupa saat mencuci sprei dan sarung bantal, gunakan air hangat agar debu hilang dan bakteri lenyap. Pastikan juga kalian menjemur kasur secara berkala, atau gunakan layanan khusus untuk membersihkan spring bed. Hindari juga penggunaan kasur kapuk karena menjadi kasur jenis tersebut merupakan sumber utama debu.

4. Buat Kamar Minim Pajangan


Buat Kamar Minim Pajangan
arsitag.com

Jika setiap ruangan di kamar kalian terdapat banyak barang dekorasinya, maka hal ini akan membuat lebih sulit untuk mengurangi debu. Periksa kamar kalian dan kumpulkan barang-barang yang mengumpulkan debu namun tidak dibutuhkan. Hal ini akan membuat permukaan kamar kalian lebih mudah untuk dibersihkan.

Untuk barang-barang yang benar-benar ingin kalian simpan, pertimbangkan untuk memindahkan beberapa barang tersebut ke ruangan yang jarang dipakai oleh anggota keluarga. Dengan cara itu, kamar utama di rumah kalian tidak terlalu banyak mengumpulkan debu.

5. Bersihkan Kipas Angin Dan AC Secara Berkala


Bersihkan Kipas Angin Dan AC Secara Berkala

Selanjutnya yang enggak kalah penting adalah membersihkan AC dan kipas angin. Hal ini sangat penting, terutama bagi kalian yang suka menyalakannya hampir 24 jam. Baling-baling kipas angin dan filter AC adalah tempat yang sempurna bagi debu. Bayangkan jika kalian menyalakannya setiap saat, tanpa sadar udara yang kalian hirup sudah bercampur dengan debu dan kotoran.

Kalau kamar kalian memiliki air purifier untuk menyaring berbagai partikel berbahaya di udara, kalian perlu juga memperhatikan kondisi bagian filter-nya. Karena kinerja alat ini sangat bergantung pada filter, dimana semakin kondisinya bersih kinerja air purifier bisa lebih baik. Penggantian air purifier tergantung lingkungan dan penggunaan.

6. Jangan Tumpuk Baju Kotor Di Sembarang Tempat


Jangan Tumpuk Baju Kotor Di Sembarang Tempat

Hindari beberapa kebiasaan yang bisa memicu penumpukan debu, salah satunya menumpuk baju kotor di sembarang tempat. Sediakan tempat khusus untuk pakaian kotor agar bakteri tidak menyebar. Selain itu, pakaian bekas pakai jangan digantung karena bisa jadi sarang nyamuk dan tempat debu menumpuk, apalagi kalau sampai digantung dalam waktu lama.

Menaruh sembarangan juga berlaku untuk benda-benda lainnya. Jika kamar dalam kondisi berantakan kalian akan cenderung malas untuk membersihkannya. Oleh karena itu sediakan tempat khusus untuk barang-barang tertentu seperti yang berukuran kecil, sehingga tidak hanya memudahkan kalian untuk membersihkan kamar, juga untuk membuat kamar terlihat lebih rapi.

7. Bersihkan Hewan Peliharaan Secara Teratur


Bersihkan Hewan Peliharaan Secara Teratur

Buat kalian yang memiliki hewan peliharaan juga ada baiknya membersihkan hewan secara teratur. Bulu hewan kerap membawa debu, dan bila masuk ke kamar debu tersebut akan berpindah ke kamar kalian. Membersihkan mereka secara teratur adalah sebuah bantuan yang besar.

Bersihkan hewan peliharaan kalian di kamar mandi atau di tempat mencuci baju dan jangan di ruang tamu atau di kamar tidur. Hal ini karena area ini lebih susah untuk dijaga kebersihannya. Kalian juga perlu mencuci seperai untuk hewan peliharaan kalian secara teratur ya.

8. Menaruh Pot Tanaman Penyerap Debu


Menaruh Pot Tanaman Penyerap Debu

Pada dasarnya, sebagian besar tanaman memang dapat menghasilkan oksigen. Hanya saja, beberapa tanaman bukan hanya menghasilkan oksigen, melainkan juga menyerap udara kotor yang ada di sekitar kalian. Oleh karena itu enggak ada salahnya menyimpa tanaman ini di kamar kalian agar bebas debu.

Beberapa contoh tanaman yang bisa kalian pilih antara lain Snake Plant yang juga dikenal sebagai lidah mertua dan dinilai ampuh menyerap polusi serta racun yang terkandung di udara. Berbagai jenis palem, mulai dari palem phoenix, palem kuning, palem bambu hingga lady palm juga bisa jadi pilihan. Jenis tanaman-tanaman di atas bisa ditanam langsung di pekarangan rumah atau menggunakan pot, bahkan bisa juga jadi penghias di dalam ruangan loh.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menjaga kualitas udara dalam rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi stres karena terlalu lama berdiam diri di rumah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait