Pendaftaran Dibuka, ASN-Nakes Bisa Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac
Nasional
Vaksin COVID-19

Komite Etik Universitas Padjajaran membuka pendaftaran relawan untuk turut serta dalam uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kesehatan (nakes) yang tertarik bisa mendaftar langsung.

WowKeren - Komite Etik Universitas Padjajaran akhirnya menerbitkan izin uji klinis tahap III untuk vaksin Sinovac. Seperti yang diketahui, Sinovac merupakan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Tiongkok.

Sejalan dengan rilisnya izin uji klinis, Unpad dan Bio Farma pun mulai membuka pendaftaran relawan. Bagi masyarakat yang tertarik bisa mendaftarkan diri, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga tenaga kesehatan (nakes).


Peneliti dari FK UNPAD Prof Kusnandi Rusmil mengatakan persyaratan bagi relawan yang akan mengikuti uji klinis harus dipastikan sehat dan berusia antara 18 hingga 59 tahun. "Tenaga kesehatan juga boleh menjadi relawan asal tadi sehat dan tidak ada indikasi tertular COVID-19. Karena pengawasan nanti kita ada timnya dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)," kata Kusnandi di Balai Kota, Senin (27/7).

Kusnandi mengatakan, tidak hanya bagi tenaga medis, peluang menjadi relawan uji klinis vaksin juga akan terbuka bagi masyarakat. "Masyarakat yang mau ikut dipersilahkan, nanti setelah kita mendapat izin baru setelah itu buka pendaftaran dan yang paling cepat daftar akan kita proses," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan tidak ada paksaan bagi para ASN yang ingin menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac. "ASN minta daftar silahkan, boleh asal memenuhi kriteria, mendukung program tersebut dan berharap segera terdapat vaksin COVID-19," tandasnya.

Uji coba vaksin ini sendiri rencananya akan dilakukan di enam lokasi. "Enam lokasi itu masih tetap, dan sudah dilakukan persiapan. Tinggal izin keluar kita langsung mulai termasuk perekrutan relawan," kata Kusnadi sebelumnya.

Adapun uji klinis itu akan dilakukan di 6 lokasi antara lain FK Unpad di Jalan Profesor Eyckman, Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Puskesmas Cimbeuleuit, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Sukapakir.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts