Hubungan Prabowo-Jokowi Disebut Jadi Alasan Partai Gerindra Dukung Gibran di Pilwalkot Solo
Nasional
Wacana Gibran Jadi Wali Kota Solo

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani lantas mengungkapkan alasan partainya mendukung pasangan Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020.

WowKeren - Partai Gerindra telah resmi mendukung pasangan Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020. Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani lantas mengungkapkan alasan partainya mendukung Gibran-Teguh di Pilkada tahun ini.

Ahmad mengungkapkan bahwa hubungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu alasan partainya memberikan dukungan mereka. Diketahui, Gibran merupakan putra sulung Presiden Jokowi.

"Tentu saja Pak Prabowo adalah Menteri Pertahanan yang merupakan menteri dari Pak Jokowi," ungkap Muzani di Kantor DPP Partai Gerindra pada Senin (3/8). "Jadi saya kira hubungan- hubungan itu juga menjadi alasan alasan kita mengambil keputusan itu."

Selain itu, tiga kursi Partai Gerindra di DPRD Solo juga menjadi alasan tersendiri. Menurut Muzani, Partai Gerindra tidak dapat mengajukan bakal pasangan calonnya sendiri.


Pasalnya, Peraturan KPU menentukan bahwa partai politik atau gabungan partai politik harus memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu terakhir, jika ingin mengusulkan bakal pasangan calon. Dengan demikian, parpol atau gabungan partai harus memiliki minimal sembilan kursi di DPRD untuk mengusulkan bakal pasangan calon pada Pilkada Solo.

"Kursi kita di Solo tiga kursi," ungkap Muzani. "Sehingga kita harus menggunakan tiga kursi itu untuk segera mencalonkan."

Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, menyatakan bahwa pihaknya sudah konsisten mendukung Gibran di Pilwalkot Solo sejak awal. Dukungan DPC ini lantas diperkuat oleh surat rekomendasi DPP Gerindra yang diteken oleh Prabowo dan Sekjen Ahmad Muzani.

Gibran sendiri telah mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari Partai Gerindra. Menurut putra sulung Jokowi tersebut, dukungan Gerindra ini akan menambah kekuatan politik untuknya dan Teguh di Pilwalkot Solo 2020.

"Yang jelas dengan turunnya rekomendasi ini menambah kekuatan politik, kontestasi politik," tutur Gibran. "Saya garisbawahi juga kerja sama ini untuk kepentingan warga Solo, kemajuan Solo."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts