Kabarnya Ditunda 2 Tahun, Menteri Tjahjo Sebut Seleksi CPNS Bakal Dibuka Kembali 2021
Nasional

Seleksi CPNS dikabarkan akan ditunda selama 2 tahun. Namun dalam pernyataan terbarunya, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengaku seleksi CPNS akan diadakan 2021 mendatang.

WowKeren - Penyederhanaan birokrasi dan efisiensi pegawai negeri sipil (PNS) membuat pemerintah berencana untuk tak lagi membuka seleksi CPNS. Sedianya proses rekrutmen serentak nasional ini akan ditunda selama dua tahun.

Namun belakangan isu itu tampak dibantah oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo lewat pernyataan terbarunya. Sebab Tjahjo menyebut seleksi CPNS periode 2020 memang tidak dibuka, namun akan dilanjutkan pada 2021 mendatang.

"Tahun 2020 tidak mengadakan penerimaan CPNS," ujar Tjahjo dalam tayangan di YouTube KemenPAN-RB, Rabu (12/8). "Nanti pada 2021 itu pun (sifatnya) terbatas."

Terkait peniadaan seleksi CPNS 2020, imbuh Tjahjo, karena "terjegal" pandemi COVID-19. Pasalnya baru September 2020 mendatang seleksi CPNS tahun anggaran 2019, yakni di tahap seleksi kompetensi bidang (SKB), dilanjutkan.


"Sementara tahun ini pemerintah akan fokus pada penuntasan seleksi CPNS tahun anggaran 2019," tegas Tjahjo, dilansir dari Kompas. Rangkaian seleksi CPNS tahun 2019 sendiri kemungkinan baru akan berakhir pada akhir 2020 mendatang.

Itu pun setelahnya pemerintah masih punya tanggung jawab untuk melantik seluruh CPNS yang telah terseleksi. "Sebab ada pandemi COVID-19. Maka alokasi 2020 dialilhkan untuk 2021," jelas mantan Menteri Dalam Negeri itu.

Tjahjo juga menegaskan seleksi CPNS 2021 tahun bersifat terbatas. Sebab menurutnya tak semua kementerian atau lembaga pemerintahan memerlukan tambahan pegawai, selaras dengan semangat pemerintah untuk menyederhanakan struktur PNS.

"(Kuotanya) sesuai kebutuhan. Sudah mulai banyak kementerian yang tidak menambah pegawai lagi," tutur Tjahjo. Sebagai contoh Kementerian Keuangan misalnya yang bahkan memutuskan untuk menolak lulusan STAN demi mewujudkan minus growth, sehingga ada pengurangan sampai 1.800 orang setiap tahunnya.

Sedangkan pada Juli 2020 lalu, Menteri Tjahjo secara tersirat menyebut seleksi CPNS akan ditiadakan pada 2021 mendatang. "Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol, Akmil tetap (dilaksanakan) di 2021," ujar Tjahjo pada 6 Juli 2020.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait