Ini Alasan Mengharukan Keluarga Ingin Jual Surat Nikah Presiden Soekarno
Nasional

Baru-baru ini viral surat nikah Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno akan dijual secara online. Pihak keluarga akhirnya buka suara dan mengungkapkan keinginan mulia terkait penjualan ini.

WowKeren - Dua dokumen penting Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir Soekarno dijual bebas secara online di media sosial. Dua dokumen tersebut merupakan surat nikah dan surat cerai antara Soekarno dengan Inggit Ganarsih. Hal ini tentunya langsung menghebohkan media sosial.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sendiri telah menyatakan rasa prihatinnya saat mendengar jika surat-surat berharga dari proklamator Indonesia itu diperjualbelikan. Menurut LIPI, seharusnya dokumen-dokumen tersebut disimpan dengan baik oleh pihak keluarga.

Menanggapi pernyataan itu, pihak keluarga Inggit Ganarsih angkat berbicara mengenai penjualan surat nikah dan cerai Soekarno. Keluarga Inggit berharap agar Pemerintah Indonesia mau segera menebus dokumen peninggalan dari Soekarno. Apalagi, saat ini kedua dokumen tersebut telah mendapatkan banyak penawaran bahkan hingga Rp100 miliar.

"Kita pengennya dari Indonesia yang ambil, hanya saja pemerintahnya belum ada tindak lanjut," kata Cicit angkat Inggit, Galuh Mahesa seperti dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (25/9). "Ada banyak sih ya (penawaran) hanya kisaran ada sampai Rp100 miliar ke atas."


Sementara itu, cucu angkat Inggit yang bernama Tito Zeni Marhaen mengaku memperoleh benda peninggalan sejarah tersebut dari pemberian tangan Inggit secara langsung. Ia bercerita jika Inggit memberikan surat berharga tersebut pada 1980 silam. Tak hanya dokumen itu saja yang diberikan, Inggit juga meninggalkan lemari, kursi, hingga album foto kenangannya yang masih tersimpan di kediaman Tito.

Tito mengatakan jika surat nikah dan cerai tersebut tentunya memiliki nilai histori. Oleh sebab itu, ia turut berharap agar pemerintah mau menebusnya dan menyimpannya sebagai barang peninggalan sejarah. "Mungkin benda ini adalah mengandung historis, apalagi menyangkut seorang tokoh bangsa," jelas Tito.

Lebih lanjut Tito membeberkan alasan pihak keluarga akan menjual dokumen-dokumen penting tersebut. Rupanya, hasil uang penjualan nantinya akan digunakan untuk membangun rumah bersalin yang sudah menjadi cita-cita perjuangan mendiang Inggit semasa hidupnya.

Sebelumnya kabar penjualan surat nikah Presiden Soekarno ini mencuat di sebuah akun Instagram bernama @popstoreindo pada Kamis (24/9), yang sekarang sudah dihapus. Dalam postingannya, akun ini mengunggah foto surat nikah dan akta cerai.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden pertama RI Ir. Soekarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit," demikian tulisan dalam akun Instagram @popstoreindo, Kamis (24/9). "Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tau juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH. Mas Mansoer."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait