Geger Prediksi Tsunami 20 Meter di Pesisir Jawa, Bagaimana Kata Budayawan Soal Mitos Ratu Kidul?
Nasional

Peneliti LIPI Eko Yulianto meyakini tsunami besar pernah terekam dalam mitos Ratu Kidul. Untuk menilik peristiwa tsunami besar di masa lampau, ia memadukan catatan geologi dengan karya sastra Jawa.

WowKeren - Hasil riset peneliti Institut Teknologi Bandung mengenai potensi gelombang tsunami setinggi 20 meter masih santer dibicarakan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ikut menanggapi hal ini.

Peneliti paleotsunami Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Eko Yulianto menyebut jika tsunami besar sebelumnya sudah pernah terjadi di selatan Pulau Jawa. Peristiwa ini diyakini terekam dalam mitos Ratu Kidul yang ada pada Serat Sri Nata sebagai bagian babad tanah Jawi.

Dalam Serat Sri Nata, mengisahkan pernah terjadinya gelombang laut setinggi angkasa. Seorang budayawan Solo BRM Bambang Irawan menilai bisa saja hal tersebut diinterpretasikan demikian.

"Bisa saja diinterpretasikan seperti itu. Tetapi itu kan yang menceritakan Ratu Kidul, bukan manusia," kata Bambang dilansir Detik, Senin (28/9). "Mungkin itu kejadian di lautan, sampai laut kering."

Mengutip Serat Wedhatama yang juga menceritakan kejadian alam, disebutkan jika Pulau Jawa bahkan akan terbelah menjadi dua. Menurut Bambang hal ini cukup masuk akal.


"Saya anggap masuk akal," ungkap Bambang. "Kalau lihat sesar gempa sejak abad 18 sampai kemarin gempa Yogyakarta itu kan sesarnya ke utara, Bantul sampai Jepara. Itu dilihat dari geologi."

Kendati demikian, ia meminta agar masyarakat juga mengandalkan data sains dalam menyikapi potensi-potensi bencana semacam ini. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat terkait potensi bencana itu sendiri.

"Menurut saya, cerita dalam babad atau serat itu tetap harus dicocokkan dengan sains," ujar Bambang. "Lewat ramalan satelit, kalau perlu pakai referensi yang lebih canggih agar mendapatkan data akurat."

Sebelumnya, peneliti LIPI Eko Yulianto meyakini jika tsunami besar pernah terekam dalam mitos Ratu Kidul. Untuk menilik catatan mengenai peristiwa tsunami besar di masa lampau, ia memadukan catatan geologi dengan karya sastra Jawa masa lalu.

"Seandainya itu benar ada tsunami raksasa di masa lalu, maka yang terpikir adalah peradaban apa yang mengalami peristiwa itu," kata Eko masih dilansir Detik. "Peristiwa sejarah apa yang berkaitan dengan peristiwa itu."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts