Imbas Pandemi, 7 Juta Orang Tewas Kelaparan Sepanjang Tahun 2020
Dunia

Pandemi COVID-19 dan peraturan pembatasan sosial telah menempatkan masyarakat yang sebelumnya sudah mengalami kelaparan ke dalam situasi yang lebih buruk.

WowKeren - Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan sebanyak tujuh juta orang di seluruh dunia telah meninggal akibat kelaparan sepanjang tahun 2020 ini. Angka tersebut rupanya merupakan imbas dari pandemi virus corona (COVID-19) yang turut berperan dalam menggandakan jumlah masyarakat yang mengalami krisis pangan.

WFP mengatakan masih terus berusaha menangani bencana kelaparan. Mereka telah mengumpulkan dana sebanyak 1,6 miliar dolar AS. "Kami punya lebih banyak uang untuk dikumpulkan guna memastikan kami menghindari kelaparan," kata Direktur Eksekutif WFP, David Beasley dalam konferensi yang diselenggarakan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

Pandemi COVID-19 dan peraturan pembatasan sosial telah menempatkan masyarakat yang sebelumnya sudah mengalami kelaparan ke dalam situasi yang lebih buruk. Kelaparan terkait COVID-19 telah menyebabkan lebih dari 10 ribu anak meninggal per bulan selama tahun pertama pandemi.


Karena karantina dan rute perdagangan internasional mengganggu pasokan bantuan vital, PBB telah memperingatkan bahwa pandemi virus corona dapat memiliki "efek antargenerasi" pada kesehatan jutaan anak. Berdasarkan skenario terburuk yang ditulis para ahli PBB, hampir 180 ribu anak dapat meninggal pada 2020. Sedangkan, pandemi dapat menyebabkan anak-anak kehilangan 50 persen dari layanan perawatan dan nutrisi mereka.

Di negara-negara yang sudah mengalami krisis kemanusiaan, Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) telah memperingatkan bahwa hingga 100 persen layanan nutrisi esensial dapat terganggu. Yaman menjadi negara yang paling dicemaskan kondisinya. Konflik yang terus berkecamuk, ditambah bencana banjir plus pembatasan terkait COVID-19 telah memperburuk situasi kelaparan di sana.

Bencana kelaparan tidak pernah diumumkan secara resmi di Yaman. Namun, PBB telah menyatakan bahwa negara tersebut menghadapi krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Terlepas dari hal tersebut, sebagai informasi tambahan, secara global virus corona telah menginfeksi 38 juta lebih orang di seluruh dunia. Berdasarkan data statistik Worldometers.info, hingga Rabu (14/10), sebanyak 1,091,558 orang meninggal akibat COVID-19 dan 28,870,321 dinyatakan sembuh. Saat ini, jumlah kasus aktif di seluruh dunia menyentuh angka 8,440,981 jiwa.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait