Dilengkapi Teknologi Artificial Intelligence, Ini 7 Rekomendasi Smart Speaker Yang Canggih Banget!
Rawpixel/Chanikarn Thongsupa
Tekno

Smart speaker adalah sebuah perangkat nirkabel yang beroperasi dengan Voice-Actived Virtual Assistant. Perangkat ini mampu merespons setiap perintah penggunanya hanya melalui suara saja loh.

WowKeren - Jaman sekarang, perkembangan teknologi semakin pesat dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu yang saat ini sedang digandruingi dan menuai perhatian masyarakat adalah gadget bernama smart speaker. Bukan sekedar speaker biasa, smart speaker adalah sebuah perangkat nirkabel yang beroperasi dengan Voice-Actived Virtual Assistant.

Perangkat ini mampu merespons setiap perintah penggunanya hanya melalui suara saja loh. Perangkat ini menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mempelajari pola bicara penggunanya. Semakin banyak suara atau bahasa yang dipelajari, maka asisten pintar di perangkat ini akan menjadi semakin pintar dan akurat dalam mengenali berbagai perintah suara.


Pada umumnya, speaker pintar biasa digunakan untuk hal seperti streaming musik/podcast, mengatur jadwal/alarm, mengendalikan perangkat Smart Home (lampu, pintu, termostat, dan lainnya). Karena multifungsi, banyak orang yang tertarik mencobanya.

Bagi kalian yang tertarik ingin memiliki salah satu smart speaker ini, berikut tim WowKeren rangkum 7 rekomendasi smart speaker. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Google Home Max


Google Home Max
YouTube/Google Nest

Jika berbicara soal smart speaker, kalian tak boleh melewatkan produk keluaran Google yang diberi nama Google Home. Produk terbaru dari seri ini adalah Google Home Max yang dengan ukuran yang dua kali lebih besar daripada dua jenis produk Google Home lainnya. Produk ini dibekali AI “Google Assistant”, dua 18mm tweeters dan subwoofer, suara yang ditawarkan diklaim 20 kali lebih keras dari speaker Home Standar.

Menariknya lagi, terdapat teknologi Smart Sound yang memungkinkan perangkat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ruangan dan pilihan musik yang dimainkan. Di bagian atas, kalian akan menemukan Capacitive touch strip yang berfungsi untuk menyesuaikan volume atau menjeda pemutaran dengan menggeser jari di atasnya. Selain dengan menggeser jari, kamu juga bisa mengontrol Home Max dengan menggunakan perintah suara “Ok Google” atau “Hai Google”, atau dengan aplikasi Google Home sendiri.

2. Sony LF-S50G


Sony LF-S50G
https://www.sony.ca/

Sony juga memiliki produk smart speaker terbaik mereka yaitu LF-S50G. Memiliki nama yang tak catchy, namun untungnya, ketidakmenarikan nama itu tidak ikut terbawa di fitur dan juga spesifikasnya. LF-S50G memiliki layar penunjuk waktu yang bersinar terang di dalam kain sintetis premium yang melapisi body-nya.

Di bagian atas, terdapat area gestur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol playback hanya dengan lambaian tangan. Untuk bagian speaker, LF-S50G mengandalkan subwoofer khusus 35mm untuk bass tambahan, driver 48mm dan peminimalisir distorsi pada volume tinggi.

3. JBL Link 20


JBL Link 20

Nama JBL tentu sudah taka sing lagi di dunia teknologi termasuk soal audio dan speaker. Salah satu dari sedikit smart speaker bertenaga AI “Google Assistant” yang luar biasa adalah JBL Link 20. Smart speaker yang satu ini mungkin tidak menonjol di segi desain, namun telah dilengkapi dengan segudang fitur solid dan kualitas audio yang hebat.

Link 20 dibekali dengan beragam tombol seperti volume, play/pause, Bluetooth dan Google Assistant di bagian atas dan belakang, serta rating IPX7 untuk tahan air dan dukungan konektivitas Wi-Fi. Untuk urusan suara, Link 20 menjanjikan kualitas audio terbaik dengan treble, bass, low dan mid yang seimbang.

4. Apple Homepod


Apple Homepod

Apple Homepod hadir cukup telat dibandingkan beberapa produk smart speaker keluaran perusahaan lain, namun buat kalian yang memang sangat menyukai brand Apple maka smart speaker satu ini tidak kalah kemampuannya. Jika kalian sudah mengenal dengan seksama produk Apple pastinya tahu bagaimana kualitas bahan pembuatannya.

Apple Homepod memiliki 6 buah microphone, 7 buah tweeter pada bagian bawah, dan sebuah subwoofer berukuran 4 inci untuk menjamin suara yang dikeluarkan jelas dan pas dengan jenis audio yang diinginkan. Smart speaker yang terintegrasi dengan Siri ini dapat terhubung dengan perangkat yang minimal menggunakan iOS 11.2.5 atau iPhone 5s.

5. Amazon Echo Plus


Amazon Echo Plus
https://www.cnet.com/

Seri Amazon Echo bisa dikatakan sebagai perangkat yang membuat smart speaker menjadi mainstream dengan asisten virtual bernama Alexa. Berkat kehadirannya yang lebih dulu, Alexa yang dikembangkan oleh Amazon kini memiliki dukungan layanan pihak ketiga yang jauh lebih banyak dan telah mencapai ribuan dibandingkan asisten virtual lainnya dalam hal smart speaker.

Untuk seri Amazon Echo plus, ada berbagai perintah seperti mengeset timer, mengetahui berita terbaru, hingga mengatur suhu ruangan bisa dilakukan hanya dengan suara. Sangat cocok untuk kalian yang mendambakan hidup lebih modern dan kekinian.

6. Bose Portable Home Speaker


Bose Portable Home Speaker

Sesuai namanya, Bose Portable Home Speaker mengusung konsep mudah dibawa kemana-mana sebagai fokus utam. Fitur ini membuat pengguna bisa memindahkannya dengan mudah atau dapat dibawa bepergian. Selain punya nilai durabilitas yang baik, smart speaker yang satu ini juga tahan air.

Bose Portable menawarkan speaker dengan suara 360 derajat dan baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam. Dengan Google Assistant di dalamnya, Bose Portable jadi bisa digunakan untuk memutar lagu favorit hanya lewat perintah suara. Plus, mendampingi Google Assistant, Bose Portable juga turut serta membawa Alexa.

7. Sonos One


Sonos One
YouTube/TechStuffUK

Hadir dengan warna hitam yang elegan dan sederhana, Sonos One dilengkapi dengan Google Assistant, Amazon Alexa, dan juga mendukung Apple Airplay2. Sehingga kamu dapat memainkan musik, update berita terbaru, mengatur alarm, dan masih banyak lagi melalui perintah suara. Selain itu, kualitas audio yang dihasilkan juga terbilang sangat bagus.

Produk ini memiliki profil suara yang seimbang dan bass yang kuat (namun tidak terlalu boomy) untuk ukuran speaker. Di bagian atas, kamu akan menemukan panel kapasitif yang memungkinkan pengguna untuk mengatur volume, skip lagu dan mematikan mikrofon. Tak hanya itu saja, Sonos One juga menyediakan opsi di mana pengguna bisa menghubungkan dua speaker secara bersamaan untuk membuat jenis audio stereo yang lebih memanjakan telinga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait