Gempa Majene Sulbar Tercatat Terjadi 28 Kali, 8 Warga Dinyatakan Meninggal
Twitter/kitabisacom
Nasional
Gempa Majene Sulbar

BMKG Regional IV Makassar mengungkap sudah terjadi 28 kali gempa bumi di Majene, Sulbar sejak Kamis (14/1) kemarin. Salah satunya gempa 6,2 M yang mengguncang Jumat (15/1) dini hari.

WowKeren - Sulawesi Barat diguncang gempa besar dengan berpusat di Majene pada Jumat (15/1) dini hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar pun memberi perkembangan terbaru soal evakuasi para korban dengan mencatat sebanyak 8 orang meninggal dunia akibat tertimpa puing reruntuhan bangunan.

"Kalau terdampak banyak, tapi menurut laporan dari BPBD Majene 300 rumah yang rusak berat dan ringan," tutur Kepala BPBD Sulbar, Darno Majid, lewat sambungan telepon pada Jumat siang. "Kemudian meninggal 8 orang."

Warga pun saat ini masih mengungsi di berbagai lokasi yang dirasa aman, seperti daerah pesisir. "Kalau di Majene tidak tertentu pengungsian karena rata-rata di pesisir dan gunung," tutur Darno, dilansir dari Kompas.

Gempa yang terjadi memang sangat luar biasa. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa bumi yang terjadi pada Jumat sekitar pukul 01.30 WIB itu bermagnitudo 6,2 dengan kedalaman yang cukup dangkal.


Bukan cuma itu, baru-baru ini BMKG Regional IV Makassar juga mengungkap fakta lain. Sebab ternyata tercatat ada 28 kali gempa yang terjadi di Kabupaten Majene sejak hari Kamis (14/1), sejalan dengan pernyataan awal bahwa gempa Jumat dini hari merupakan rangkaian dari gempa bermagnitudo 5,9 pada Kamis-nya.

"Kalau sejak gempa berkekuatan 5,9 SR pada 14 Januari sudah 28 kali gempa," beber Staf Pusat Gempa BMKG Regional IV Makassar, Syarifuddin, Jumat (15/1). Kendati demikian, gempa dengan magnitudo 6,2 lah yang kemudian membawa dampak paling besar, yakni merusak bangunan hingga menimbulkan korban jiwa.

Bahkan setelah gempa besar itu terjadi, masih tercatat gempa-gempa susulan dalam jumlah yang tidak sedikit. "Setelah itu terjadi lagi gempa susulan sebanyak 19 kali," tuturnya, salah satunya adalah gempa sebesar 4,4 M di timur laut Majene dengan kedalaman 8 kilometer.

Gempa yang terjadi menimbulkan duka nasional, mengingat beberapa hari sebelumnya Indonesia juga diguncang berbagai kejadian nestapa. Mulai dari insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu (9/1) pekan lalu kemudian banjir besar di Kalimantan Selatan beberapa hari terakhir.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts