Banjir Bandang Terjang Kawasan Puncak Bogor, Video Detik-Detik Kejadian Bikin Ngeri
Nasional

Banjir bandang yang terjadi ini menambah daftar bencana alam yang mengguncang Indonesia pada 2021, khususnya Jawa Barat yang sebelumnya baru mengalami tanah longsor di Sumedang.

WowKeren - Beberapa bencana alam tengah mengguncang Indonesia. Salah satunya berupa banjir yang kekinian dilaporkan terjadi di kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Video viral terjadinya banjir bandang pun langsung meramaikan lini masa sejumlah media sosial. Dalam video singkat itu tampak aliran deras air bercampur lumpur dengan patahan-patahan pohon yang melintasi pemukiman warga.

"Astaghfirullah 'aladzim. Astaghfirullah," ungkap sang pria perekam secara terus-menerus lantaran menyaksikan kengerian banjir bandang tersebut. Sedangkan terdengar suara adzan pula dalam video tersebut.

Twitter/txtdaribogor

Memang air yang sudah bercampur dengan lumpur dan berbagai sampah itu terekam mengalir dengan sangat cepat. Suasana pun terlihat masih berangin dengan langit yang menggelap karena mendung.


Daerah yang terlalui oleh aliran deras banjir bandang itu pun akhirnya surut, menyisakan sejumlah besar lumpur yang menumpuk bahkan sampai sedalam betis. Dalam foto-foto yang beredar, seperti diunggah di akun Twitter @txtdaribogor, sekelompok pria dewasa berusaha mengatasi tumpukan lumpur yang tertinggal akibat terjangan banjir bandang tersebut.

Banjir Bandang Terjang Kawasan Puncak Bogor, Video Detik-Detik Kejadian Bikin Ngeri

Twitter/txtdaribogor

Dan tentu saja bukan hanya lumpur, bekas daerah yang dialiri banjir bandang itu juga menyisakan potongan kayu pohon yang sudah patah dan roboh. Tampak pula sampah-sampah dari barang yang dimiliki warga yang ikut terseret banjir bandang tersebut.

Banjir bandang ini pun menambah panjang daftar bencana yang tengah mengguncang Jawa Barat. Diketahui beberapa waktu lalu tanah longsor terjadi di Kabupaten Sumedang, menyebabkan puluhan warga meregang nyawa lantaran tertimbun longsoran.

Jenazah seluruh korban pun sudah ditemukan. Dengan demikian, operasi pencarian korban sudah dihentikan, menyisakan pekerjaan besar untuk memulihkan kembali pemukiman warga yang hancur karena tanah longsor.

Sedangkan Indonesia sendiri pun saat ini memang tengah dirundung duka. Sebab beberapa provinsi lain turut diguncang bencana alam, seperti banjir besar di Kalimantan Selatan hingga gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Sulawesi Barat.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts