Agenda Jokowi Hari Ini: Terima Suntikan Kedua Vaksin Corona-Lantik Kapolri
Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (27/1), dijadwalkan untuk mendapatkan suntikan kedua vaksin COVID-19 Sinovac dan melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

WowKeren - Presiden Joko Widodo hari ini (27/1), dijadwalkan untuk mendapatkan suntikan dosis kedua vaksin COVID-19. Sama seperti sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi ini disiarkan secara live lewat akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi tampak memakai masker dan duduk mengenakan jaket berwarna merah. Adapun dokter yang menyuntik orang nomor satu di Indonesia itu adalah Abdul Muthalib yang merupakan vaksinator di sesi pertama beberapa waktu lalu.

Setelah mendapatkan suntikan kedua, Jokowi langsung meninggalkan lokasi penyuntikan. Pasalnya, Jokowi masih memiliki sejumlah jadwal lainnya seperti melantik para dewan pengawas Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Informasi terkait pelantikan Listyo Sigit Prabowo ini pertama kali diungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono yang memberikan konfirmasi perihal pelantikan tersebut pada Minggu (24/1). "Iya (dilantik Rabu)," katanya dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (27/1).


Informasi tersebut juga disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. "Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok (Rabu), setelah bapak Presiden menerima vaksin," katanya, Selasa (26/1).

Seperti yang telah diketahui, Listyo Sigit adalah calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR. Dengan dilantiknya Listyo Sigit sebagai Kapolri maka ia resmi naik pangkat dari Komjen menjadi Jenderal Polisi.

Pengangkatan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/Polri/2021. Keppres dibacakan oleh Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1).

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Listyo Sigit menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Sesmilpres setelahnya membacakan Keppres Nomor 7/Polri/2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira Polri.

Dengan demikian, Listyo Sigit secara resmi menyandang pangkat jenderal dan Jokowi menyematkan langsung pangkat jenderal serta menyerahkan tongkat komando. Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri yang memasuki masa pensiun pada Februari mendatang.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait