PPKM Diterapkan, Kemenkes Klaim Kasus Kematian Corona Harian Turun
Nasional

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular sekaligus Jubir Kemenkes, dr. Siti Nadia, penurunan kasus corona telah terlihat beberapa hari terakhir.

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali telah diterapkan mulai 11 Januari 2021 lalu untuk menghadapi pandemi virus corona (COVID-19). PPPKM Skala Mikro juga akan diterapkan mulai Selasa (9/2) besok hingga 22 Februari 2021 mendatang.

Penerapaan PPKM ini dinilai telah memberikan dampak yang baik meski belum signifikan. Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular sekaligus Jubir Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia, penurunan kasus corona telah terlihat beberapa hari terakhir.

"Kalau kita bicara soal pengurangan kasus (corona), kita baru bisa merasakan dampak mungkin penurunan kasus ini baru kurang lebih 4-5 hari belakangan," terang Nadia pada Senin (8/2). "Karena kita melihat jumlah kasus, terutama kematian, biasanya sekitar antara 200-350 (orang), sekarang kematian sudah kurang lebih 150-an (orang)."

Meski demikian, Nadia mengakui bahwa secara umum penurunan jumlah kasus positif masih belum terlihat secara signifikan. Oleh sebab itu, Kemenkes memastikan akan terus meningkatkan upaya pelacakan dan pengetesan kasus corona, termasuk juga menambah kapasitas layanan rumah sakit.


"Tentunya kemarin saat kita menghadapi lonjakan kasus, kita meminta Pemda, provinsi dan kab/kota menambah tempat tidur perawatan, baik perawatan isolasi maupun tempat tidur ICU," jelas Nadia. "Dan ini sudah terjadi peningkatan dibandingkan 25 Januari, itu sudah ada penambahan sekitar 13.000 tempat tidur perawatan, yang terbanyak tempat tidur isolasi, sementara ICU berkisar sampai dengan 2.000 penambahannya."

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan 8.242 kasus positif corona baru pada Senin hari ini. Dengan demikian, jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Tanah Air kini telah mencapai 1.166.079 kasus.

Kemudian, pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh bertambah sebanyak 13.038 orang pada hari ini. Sehingga total sudah ada 963.028 pasien yang dinyatakan sembuh.

Sedangkan kasus kematian akibat COVID-19 bertambah sebanyak 207 kasus pada hari ini. Dengan demikian, pandemi corona total telah menelan 31.763 korban jiwa di Tanah Air hingga kini. Adapun jumlah kasus aktif corona di Tanah Air kini masih mencapai 171.288 pasien alias 14,7 persen dari total kasus positif.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait