Inilah Makna di balik 3 Lagu Hits BTS Menurut Ahli Seni dan Budaya Korea
Musik

Youngin Jo mempelajari koreografi dari tiga lagu BTS dan mengatakan bahwa BTS menyampaikan pesan melalui musik dan lirik mereka sambil juga menyampaikan emosi melalui tarian mereka.

WowKeren - Peneliti seni dan budaya Korea, Youngin Jo, mempelajari koreografi dari tiga lagu BTS (Bangtan Boys). Ia menganalisis makna di balik koreografi lagu-lagu tersebut dalam kaitannya dengan pengaruhnya terhadap industri musik.

Youngin Jo mengatakan bahwa BTS menyampaikan pesan melalui musik dan lirik mereka sambil juga menyampaikan emosi melalui tarian mereka. Melihat hit mereka tahun 2016, "Blood Sweat & Tears," dia fokus pada link ke tarian tradisional Korea.

Secara khusus, Youngin Jo membandingkannya dengan bentuk tarian yang disebut sabangchigi. Melalui struktur gerakannya, menurutnya gerakan kanan-kiri-atas-bawah merepresentasikan interaksi antara langit dan bumi, yang menunjukkan "makna kemanusiaan" dan interaksi yang kita lakukan dengan alam di sekitar kita.

Dalam hit BTS tahun 2019 berjudul "Boy With Luv" dengan Halsey, fokusnya adalah pada gerakan sederhana dalam koreografi, khususnya gerakan saat Jimin BTS berada di tengah dan member lain bergerak melingkar di sekelilingnya.


Inilah Makna di balik 3 Lagu Hits BTS Menurut Ahli Seni dan Budaya Korea

Source: Koreaboo

Kali ini, ia membandingkannya dengan tarian ganggangsullae tradisional yang menggunakan gerakan sederhana untuk mengekspresikan kegembiraan. Ini adalah bukti kemampuan BTS yang dengan mudah menggabungkan dua bentuk tarian untuk menciptakan sesuatu yang baru dan unik di K-Pop.

Terakhir, dia menganalisis tarian solo Jimin di "Spring Day". Dengan perasaan yang lebih nostalgia, gerakan Jimin menggunakan elemen gaya tari Korea modern dan interpretatif untuk menciptakan sesuatu yang megah dan balet. Keahlian dalam melakukan hal ini mungkin karena dedikasi Jimin dalam mempelajari tari selama bertahun-tahun.

Terinspirasi oleh kata-kata sarjana Prancis Patrice Pavis, Youngin Jo menyatakan bahwa, dengan pengaruh Korea mereka, tarian yang mereka lakukan memperluas budaya Korea kontemporer bagi siapa saja yang menontonnya. Dengan pujian seperti ini, tidak mengherankan bahwa BTS telah menggemparkan dunia dan mendobrak batasan geografis melalui musik mereka.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts