Bitcoin Sering Dipuji Sampai Meroket Oleh Elon Musk, Bill Gates Malah Tegas Bilang Berbahaya
Pixabay/MichaelWuensch
Tekno

Bill Gates menilai mata uang digital cryptocurrency Bitcoin yang tengah naik daun sangat berbahaya. Padahal selama ini bos teknologi lain seperti Elon Musk malah mempromosikan Bitcoin.

WowKeren - Bitcoin tengah menjadi salah satu aset investasi yang paling banyak diburu beberapa waktu belakangan. Mata uang digital alias cryptocurrency itu bahkan sampai menginjak nilai tukar setara Rp707.827.260 per Selasa (23/2) hari ini.

Kenaikan harga yang gila-gilaan ini tak lepas dari "promosi" yang dilakukan beberapa pihak termasuk bos Tesla, Elon Musk. Namun ternyata salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates punya pandangan berbeda atas Bitcoin dan bahkan melabelinya sebagai hal negatif.

Gates mengungkap aset digital kriptokurensi seperti Bitcoin mungkin berbahaya karena bisa mendukung terjadinya aktivitas kriminal tertentu. Karena itulah, Gates yang identik dengan Microsoft itu menyarankan supaya menyingkirkan Bitcoin.

"Cara kerja cryptocurrency saat ini memungkinkan adanya aktivitas kriminal tertentu," tutur Gates kepada The Wall Street Journal beberapa waktu lalu. Bahkan Gates sempat menganalogikan Bitcoin selayaknya senjata biologis.


"Saya bisa bilang seperti senjata biologis. (Bitcoin) sangat buruk," ujar Gates, dilansir dari Market Watch, Selasa (23/2).

Kendati demikian, ketika diwawancara CNBC pada kesempatan berbeda, Gates menegaskan bahwa dirinya bersikap netral atas Bitcoin. Ia memang bukan seseorang yang antusias dalam berinvestasi Bitcoin, namun bukan berarti menentangnya.

Ia hanya menilai mata uang kriptokurensi sangat berpotensi untuk disalahgunakan dalam praktik cuci uang. "(Tetpi) saya bukan pemilik Bitcoin, saya tidak berinvestasi di Bitcoin, jadi saya mengambil pandangan yang netral saja," tegasnya.

"Saya hanya berusaha untuk mengubah uang menjadi bentuk yang lebih digital demi meminimalisir biaya operasional, itu sesuai dengan yang Gates Foundation lakukan di negara-negara berkembang," imbuhnya. "Namun Bitcoin bisa naik dan turun tergantung pada antusiasme publik jadi saya tidak bisa memprediksi bagaimana ke depannya."

Bitcoin sendiri memang secara dramatis mengalami kenaikan harga selama beberapa waktu belakangan. Nilai tukar dari mata uang digital itu mendadak meroket begitu tinggi, yang tentu saja tak lepas dari promosi yang dilakukan beberapa tokoh dunia termasuk Musk. Bahkan belum lama ini Musk lewat perusahaan Tesla menginvestasikan sejumlah besar dana untuk perkembangan Bitcoin.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts