Waspada Efek Samping ‘KIPI’ Vaksin COVID-19, Seperti Apa?
Pixabay
Health
Vaksin COVID-19

Program vaksinasi COVID-19 terus digalakkan oleh pemerintah. Dalam menjalankan program ini, berbagai efek samping suntikan vaksin corona terus dilaporkan, temasuk KIPI. Apa itu?

WowKeren - Pemerintah Indonesia terus menggenjot program vaksinasi COVID-19 untuk menciptakan herd immunity. Dalam pelaksanaan vaksinasi virus corona ini, berbagai efek samping suntikan vaksin mulai dilaporkan atau KIPI.

KIPI sendiri merupakan singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI adalah setiap kejadian medis yang tidak diinginkan, terjadi setelah pemberian imunisasi, dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin. Gejala KIPI bisa berupa gejala ringan yang dirasakan tidak nyaman atau berupa kelainan hasil pemeriksaan laboratorium.

Berdasarkan penelitian WHO, KIPI dikelompokkan menjadi lima kategori. Kelimanya adalah reaksi yang terkait produk vaksin, reaksi yang terkait dengan cacat mutu vaksin, reaksi terkait kekeliruan prosedur imunisasi, reaksi kecemasan terkait imunisasi, dan kejadian koinsiden.

Salah seorang awak media Detik yang ikut menjalani vaksinasi COVID-19 menceritakan mengenai KIPI yang memang membuat masyarakat lebih takut. Ia bercerita telah mempersiapkan segala hal sebelum datang ke tempat vaksinasi.


Diantaranya adalah tidur yang cukup dan sarapan. Namun entah kenapa, bayang-bayang rasa cemas begitu menghantui. Ia turut merasakan rasa gugup meskipun hasil uji klinis vaksin sudah pasti aman.

Salah seorang petugas di area vaksinasi Basket Hall Gelora Bung Karno (GBK), tempat awak media ini disuntik lantas mengingatkan untuk rileks agar tidak mempengaruhi hasil screening. Selain itu, ia juga diminta tidak berpikiran negatif.

”Santai aja, positif thinking. Nggak usah mikir macem-macem. Sebelum suntik, tarik napas dulu biar rileks. Kalau nervous nanti tensinya tinggi lho,” kata awak media kepada Detik, Sabtu (26/2). “Efek samping itu wajar, karena respons tubuh kita. Tapi sejauh ini kebanyakan sih tidak serius ya.”

Setelah disuntik, awak media ini merasa ada sedikit nyeri di lengan tempat suntikan dan kepala terasa sangat berat disertai mual. Petugas mengatakan kondisi itu tak akan berlangsung lama dan akan hilang dalam beberapa menit ke depan

Sayangnya efek yang dirasakan tidak kunjung reda sampai akhirnya ia memutuskan untuk melapor ke petugas. Ia lantas dibawa ke ruangan lain untuk observasi lebih lanjut. Tim medis mengatakan awak media ini kemungkinan mengalami efek samping usai vaksinasi.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts