Jokowi Ajak Gaungkan 'Benci Produk Luar Negeri'
Twitter/jokowi
Nasional

Masyarakat Indonesia diharapkannya bisa menjadi konsumen produk dalam negeri yang loyal. Hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dari produsen lokal ke depannya.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai produk- produk dalam negeri. Untuk itu, Jokowi meminta Indonesia untuk menggaungkan "benci produk luar negeri".

"Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci," kata Jokowi dalam peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 pada Kamis (4/3). "Cinta barang kita, benci produk luar negeri."

Masyarakat Indonesia diharapkannya bisa menjadi konsumen produk dalam negeri yang loyal. Hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dari produsen lokal ke depannya.

Selain itu, Jokowi juga meminta Kementerian Perdagangan untuk membuat kebijakan dan strategi dalam memasarkan produk dalam negeri. Contohnya adalah dengan menempatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tempat strategis dalam pusat perbelanjaan.

"Pusat belanja, mal harus terus didorong dari Jakarta ke daerah untuk buatan produk-produk Indonesia khususnya UMKM," jelas Jokowi. "Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh brand luar negeri."


Penempatan produk luar negeri diminta Jokowi dipindah ke tempat yang tidak strategis. Dengan demikian, merek-merek lokal akan mendapat jatah tempat strategis dan masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya.

"Branding harus melekat agar lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan dengan produk luar negeri," terang sang Presiden. "Jumlah 270 juta jiwa seharusnya konsumen loyal untuk produk kita sendiri."

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta dorongan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan ke luar negeri. "Dorong perbankan agar mau suntikan dana untuk UMKM agar kapasitas bisa naik," pungkas Jokowi.

Di sisi lain, Kementerian Perdagangan sendiri langsung menyiapkan aturan khusus agar kampanye cinta produk dalam negeri bisa tercapai. Aturan tersebut akan dibahas dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan yang digelar dua hari ini.

"Dan salah satunya diamanatkan bapak Presiden tadi memastikan merek-merek Indonesia akan menjadi primadona di mal-mal Indonesia," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. "Kita akan atur aturannya supaya orang Indonesia bangga membeli produk Indonesia dan mengembangkan industri Indonesia."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts