Hasil KLB Demokrat Sumut: Marzuki Alie Ketua Dewan Pembina, Majelis Tinggi Pimpinan SBY Dibubarkan
Instagram/akudemokrat
Nasional
Isu Kudeta Partai Demokrat

Marzuki Alie juga menjadi salah satu calon Ketua Umum Demokrat 2021/2026 versi KLB Sumut namun akhirnya kalah dari Moeldoko. Kini Marzuki pun ditetapkan jadi Ketua Dewan Pembina.

WowKeren - Kubu Partai Demokrat yang kontra atas kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono menggelar kongres luar biasa (KLB) pada Jumat (5/3). Berlokasi di Deli Serdang, Sumatera Utara, KLB ini akhirnya menetapkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai Ketum Demokrat 2021-2026.

Moeldoko mantap menjadi ketum usai mengalahkan Marzuki Alie yang dicalonkan DPD NTB. Dan kini, Marzuki pun ditetapkan menjadi Ketua Dewan Pembina Demokrat. "Memutuskan, menetapkan penetapan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat 2021/2026 Bapak Marzuki Alie," ungkap pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun.

Tak hanya itu, sejumlah ketetapan pun diputuskan dalam kesempatan itu. Termasuk kepengurusan AHY yang demisioner hingga rencana pembubaran sejumlah badan di internal partai.

Lebih spesifik dijelaskan, KLB akan memperbaiki dan menyesuaikan kembali si AD/ART Demokrat. Termasuk menghilangkan jabatan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang kini dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono.


"Memutuskan, pertama AD/ART Partai Demokrat kembali pada AD/ART Kongres Bali tahun 2005 dengan penyesuaian UU Partai Politik," ujar Jhoni. "Tiga perubahan atas penyesuaian di atas dilaksanakan sesuai kebutuhan partai antara lain adanya mahkamah partai, dewan kehormatan partai, dewan pakar, menghilangkan majelis tinggi. Setuju?"

Pertanyaan Jhoni ini sontak disetujui oleh para peserta kongres. Kemudian keputusan lain yang diambil dalam KLB tersebut adalah soal anulir atau pembatalan surat pemecatan terhadap kader-kader Demokrat.

"Menetapkan menganulir atau membatalkan surat DPP Partai Demokrat terhadap pemberhentian, pemecatan pada kader Demokrat tahun 2020/2021," tutur Jhoni. "Terlampir nanti lampirannya akan disebutkan mulai dari Jawa Tengah, katakanlah termasuk dengan tujuh orang yang kemarin."

Sebagai informasi, dalam KLB yang disebut tak mendapat izin dari kepolisian ini dipilihlah Moeldoko sebagai ketum baru Demokrat. Meski tak hadir di KLB, lewat sambungan telepon, mantan Panglima TNI itu akhirnya menerima pinangan sebagai ketum.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts