Corona B117 Makin Menyebar ke 5 Provinsi, Begini Kondisi Terkini Para Pasien
Pixabay
Nasional

Kemenkes mengumumkan 4 kasus baru COVID-19 yang terinfeksi virus Corona varian B117 mutasi Inggris, meski keempatnya tak berkaitan dengan 2 kasus pertama di Karawang.

WowKeren - Sejak dikonfirmasi masuk ke Indonesia tepat pada peringatan setahun wabah COVID-19 Indonesia pada Selasa (2/3) kemarin, varian virus Corona B117 memang terus menjadi pusat perhatian. Dengan sifatnya yang diklaim jauh lebih cepat menular membuat publik harus meningkatkan kewaspadaan, apalagi diimbangi dengan kekhawatiran vaksin yang sudah beredar tak efektif melawan varian ini,

Dan kewaspadaan ini sepertinya benar harus kian ditingkatkan karena Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 4 kasus tambahan infeksi virus Corona B117. Namun dipastikan bahwa kasus-kasus ini tidak terkait dengan 2 TKI asal Karawang yang sebelumnya sudah dikonfirmasi dengan infeksi yang sama.

"Untuk varian baru yang dari London memang di luar dari yang dua yang sudah kita identifikasi. Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi," terang Budi Gunadi, Senin (8/3).

Keempat kasus tersebut tersebar di Palembang, Sumatera Selatan (11 Januari 2021); Kalimantan Selatan (6 Januari 2021); Balikpapan, Kalimantan Timur (12 Februari 2021); dan Medan, Sumatera Utara (28 Januari 2021). Lantas seperti apakah kondisi dari para pasien saat ini?


"Keempatnya ini sudah tes positif, genome sequencing-nya positif strain baru dari UK," ujar Budi Gunadi. "Tapi mereka sudah sembuh dan sudah keluar."

Meski kini sudah sembuh, Kemenkes pun membeberkan gejala yang dirasakan pasien selama mengalami COVID-19 strain B117 itu. "Keempat kasus ini mengalami gejala ringan hingga sedang dan hanya melakukan sitasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi," tutur Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, Siti Nadia Tarmizi.

Namun dari keempatnya ada satu yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Namun Siti Nadia juga kembali menegaskan pernyataan Budi Gunadi sebelumnya, bahwa mereka kini telah sembuh.

Dengan tambahan 4 kasus COVID-19 varian B117 ini, Kemenkes pun kini meningkatkan contact tracing dilengkapi dengan genome sequencing untuk tahu varian virus apa yang menginfeksi para pasien positif terlacak. Di sisi lain, Kemenkes juga terus mendorong masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, apalagi karena hendak berhadapan dengan libur Isra Miraj.

"Mengimbau masyarakat untuk tetap terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, termasuk di masa liburan tersebut mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian," kata Siti Nadia. "Tentunya upaya pencegahan yang selama ini kita lakukan dan kita ketahui, diharapkan tetap disiplin melaksanakan 3M."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait