Mantap! Menkes Optimis Mei-Juni 2021 Bisa Capai 900 Ribu Vaksinasi Dalam Sehari
Twitter/KemenkesRI
Nasional
Vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo pernah menarget 1 juta vaksinasi COVID-19 dalam sehari, sebuah ambisi yang hampir tercapai pada Mei dan Juni 2021 mendatang menurut Menkes.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menarget Indonesia bisa memvaksinasi hingga 1 juta orang tiap hari dalam rangka menanggulangi wabah COVID-19. Sempat disangsikan, namun tampaknya target Jokowi ini kian mendekati nyata.

Pasalnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap pada Mei-Juni 2021 mendatang jumlah masyarakat yang menerima suntikan vaksin COVID-19 bisa mencapai 800-900 ribu dalam sehari. Angka ini pun tak lepas dari ketersediaan vaksin COVID-19 yang kian bertambah menyusul banyaknya kedatangan dosis-dosis vaksin.

"Baru sesudah bulan Juli, itu setiap bulannya bisa antara 40 sampai 50 juta dosis vaksin," terang Budi Gunadi dalam peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Kamis (25/3). "Di situ kita baru suntiknya besar."

Dengan demikian, bisa jadi mulai bulan Juli itu jumlah penerima vaksin COVID-19 setiap harinya bertambah demi mengakselerasi tercapainya kekebalan komunal. Budi Gunadi lantas membandingkan dengan ketersediaan vaksin COVID-19 pada 6 bulan pertama hanya 24 persen, karena itulah jumlah vaksinasi dalam sehari sangat diatur.


"Pada 13 Januari sampai akhir Februari, kita hanya punya 3 juta vaksin," jelas Budi Gunadi. "42 hari kan kita bayangkan kalau kita suntik sehari satu juta orang, 3 hari habis (stok vaksin)."

Kemudian setelahnya jumlah suntikan vaksin COVID-19 per hari terus meningkat sampai 100 ribu. "Ini saja kita agak kecepatan, dari target 6 minggu kita selesaikan 5 minggu," ujar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Jumlah vaksin COVID-19 pada Maret sampai April ini sebesar 15 juta dosis. Karena itulah bisa diatur agar mencapai 500 ribu suntikan dosis vaksin COVID-19 dalam sehari.

Saat ini Indonesia sendiri tengah menjalani program vaksinasi COVID-19 tahap dua dengan prioritas penerima lansia hingga pekerja sektor publik. Presiden Jokowi pun percaya diri menarget vaksinasi bisa selesai pada tahun 2021 ini, dengan target mencapai 70 persen penerima hingga tercipta herd immunity.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts