AS Kini Tak Wajibkan Penerima Vaksin COVID-19 Pakai Masker di Ruang Terbuka
Unsplash/National Cancer Institute
Dunia
Vaksin COVID-19

CDC Amerika Serikat mengizinkan masyarakat yang telah menerima dosis penuh vaksin COVID-19 agar tak lagi memakai masker di ruang terbuka. Seperti ini penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Amerika Serikat menempuh kebijakan yang cukup mengejutkan di tengah pandemi COVID-19 dan statusnya sebagai negara dengan jumlah kasus positif terbanyak di dunia. Sebab Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) mengizinkan penerima vaksin untuk tak mengenakan masker di ruang terbuka.

"Warga Amerika yang sudah mendapat dosis penuh vaksin virus Corona tak perlu lagi menggunakan masker saat berjalan-jalan, berlari, mendaki, atau bersepeda sendiri di ruang terbuka. Atau ketika dalam perkumpulan kecil, termasuk dengan anggota-anggota keluarga mereka sendiri," tulis CDC dalam pengumumannya, Selasa (27/4) waktu setempat.

Namun CDC menegaskan bahwa masker masih diwajibkan ketika berada di kerumunan besar luar ruangan seperti stadion olahraga. Presiden AS Joe Biden pun secara tersirat menyepakati instruksi CDC ini meski ia terpantau masih mengenakan masker ketika hendak memberi pidato di halaman Gedung Putih.

"Segera divaksin. Ini tidak bisa lebih mudah lagi," tegas Biden, dilansir dari The New York Times, Rabu (28/4). "Dan ketika Anda sudah disuntik dosis penuh vaksin COVID-19, Anda bisa keluar ruangan tanpa menggunakan masker asal jauh dari kerumunan besar."


Kendati demikian CDC tetap mengingatkan potensi penularan COVID-19 itu tetap ada meski telah menerima suntikan vaksin. Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti tingkat penularan di beberapa daerah yang masih tinggi. Selain itu, masyarakat AS juga diimbau untuk tetap memakai masker ketika menghadiri pertemuan di luar ruangan berukuran sedang.

"Kami merasa warga yang telah divaksin tidak perlu lagi mengenakan masker di luar ruangan," ujar Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky di Gedung Putih. "Kecuali di venue dengan kerumunan besar seperti konser, stadion, dan semacamnya."

Memakai masker memang menjadi salah satu kewajiban di tengah pandemi COVID-19 yang belum teratasi meski sudah hampir 2 tahun berlalu. Namun kini beberapa negara sudah mulai melonggarkan kewajiban ini setelah program vaksinasi COVID-19 dimulai.

Kendati demikian masih ada beberapa negara yang tetap mewajibkan masyarakat memakai masker meski telah divaksin. Salah satunya Indonesia karena herd immunity yang belum tercapai di Tanah Air.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts