Massa May Day Bakal Jalani Tes Antigen Sebelum Demo di Istana dan Gedung MK
Unsplash/ John Cameron
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan bahwa aksi kali ini melibatkan sebanyak 50 ribu buruh. Mereka tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan di 3.000 pabrik

WowKeren - Elemen buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi massa di Hari Buruh Internasional alias May Day yang jatuh tepat Sabtu (1/5) hari ini. Aksi May Day kali ini akan dipusatkan di Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan bahwa aksi kali ini melibatkan sebanyak 50 ribu buruh. Mereka tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan di 3.000 pabrik.

"Untuk di tingkat nasional, aksi akan dipusatkan di Istana dan Gedung Mahkamah Konstitusi," kata Said Iqbal pada Jumat (30/4). Menurut Said Iqbal, protokol kesehatan akan diterapkan mengingat aksi May Day tahun ini berlangsung di masa pandemi virus corona (COVID-19).

"Tentu kita akan mengikuti arahan aparat keamanan dan Satgas COVID-19 untuk mengikuti standar kesehatan pencegahan COVID," papar Said Iqbal. "Peserta aksi akan melakukan rapid antigen, memakai masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak."


Kaum buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan dalam May Day kali ini. Di antaranya adalah pencabutan atau pembatalan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja dengan meminta Hakim MK memenangkan uji formil dan uji materiil yang diajukan buruh.

Selain itu, kaum buruh juga menuntut pemberlakuan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) 2021. Nantinya, aksi May Day ini akan diamankan oleh ribuan personel gabungan TNI-Polri. Pihak kepolisian juga mengingatkan agar massa menjalani tes swab antigen terlebih dahulu sebelum turun ke jalan.

"(Sebanyak) 6.394 personel kemungkinan masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan gabungan TNI, Polri, kemudian dari Pemda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. "Polda Metro Jaya membentuk tim kesehatan langsung berkoordinasi dengan teman-teman serikat yang memang patuh dan mengharapkan ada pengecekan swab antigen terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan."

Untuk wilayah Jakarta, massa disebut akan berpusat di tiga lokasi. "Memang betul sudah ada pemberitahuan di beberapa tempat yang terpusat di Patung Kuda, kemudian di depan MK, dan kemudian di Kantor ILO. Tiga ini yang berpusat oleh rekan-rekan serikat buruh yang ada. Mulai pagi kemudian selesai siang lalu ada lagi sampai dengan sore," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts