Dinkes Tangerang Gelar Tes Rapid Antigen Di Pusat Keramaian Untuk Cegah Lonjakan COVID-19
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

Usai libur lebaran 2021, diperkirakan akan terjadi lonjakan kasus COVID-19. Untuk mencegah lonjakan itu, Dinkes Tangerang menggelar tes rapid antigen di sejumlah pusat keramaian.

WowKeren - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar rapid tes antigen secara acak di berbagai pusat keramaian. Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya antisipasi terjadi lonjakan kasus COVID-19 pascalibur lebaran.

Dinkes setempat telah menyiapkan sebanyak 10 ribu swab antigen dan 10 ribu kantong GeNose dengan enam alat tes yang tersebar di wilayah Timur, Barat dan Tengah Kota Tangerang. Persediaan tersebut rencananya akan digunakan untuk satu minggu ke depan.

Pelaksanaan tes rapid tersebut telah dilakukan Dinkes Tangerang sejak Minggu (16/5). Tes swab antigen itu dilakukan secara acak di sejumlah pos cek point dan di pusat keramaian.

"Hari ini, selain menggelar di cek point, Dinkes juga menggelar di pusat keramaian," tutur Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi, Selasa (18/5). "Di antaranya di Pasar Malabar, Pasar Anyar, dan CBD Ciledug."


Dari masing-masing lokasi tersebut, diambil 200 sample swab antigen. Dari hasil tes swab antigen itu ditemukan lima orang yang dinyatakan positif COVID-19 pada Senin (17/5). Dua di antaranya merupakan warga Neglasari, satu warga Karawaci dan satu lagi dari Rajeg Kabupaten Tangerang.

"Untuk yang warga Kota Tangerang, sudah dikirim ke puskesmas domisili masing-masing untuk tindakan lebih lanjut," terang Liza. "Sedangkan untuk warga Kabupaten sudah kita koordinasikan ke jajaran Dinkes Kabupaten dan camat Rajeg untuk ditangani lebih lanjut."

Lebih lanjut, Dinkes Tangerang akan fokus pada tracing massal sedini mungkin selama 14 hari ke depan. Hal ini bertujuan untuk menemukan kasus COVID-19 yang berpotensi menyebabkan lonjakan.

Ribuat alat tes antigen yang disiapkan oleh Dinkes Tangerang guna meminimalisir adanya risiko penyebaran COVID-19. Apalagi di masa libur lebaran kemarin, terjadi mobilitas masyarakat yang cukup tinggi di sejumlah pusat perbelanjaan hingga lokasi wisata.

Selain itu, seluruh puskesmas di Tangerang juga membuka layanan swab gratis untuk warga setempat. Tidak hanya itu, Dinkes Tangerang juga akan melaksanakan swab secara door to door dengan prioritas utama yang baru tiba dari mudik atau perjalanan luar kota.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait