Jokowi Perbolehkan Masyarakat Mudik Lebaran Asal Sudah Divaksin COVID-19 2 Kali dan Terima Booster
YouTube/SekretariatPresiden
Nasional

Selain itu, Jokowi juga memastikan bahwa di bulan Ramadhan tahun ini, umat Muslim bisa kembali menjalankan salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia terus membaik. Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah-langkah pelonggaran.

Tahun ini, pemerintah mempersilakan masyarakat untuk mudik di momen Lebaran. Meski demikian, ada syarat yang harus dipenuhi oleh warga yang hendak mudik.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," papar Jokowi dalam keterangan pers pada Rabu (23/3) hari ini.

Selain itu, Jokowi juga memastikan bahwa di bulan Ramadhan tahun ini, umat Muslim bisa kembali menjalankan salat tarawih berjemaah di masjid. Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengingatkan para jemaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Namun untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kita masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan juga open house," tambah Jokowi.

Sementara itu, pemerintah juga memberikan kelonggaran untuk pelaku perjalanan luar negeri alias PPLN. Menurut Jokowi, PPLN yang tiba di Indonesia dari bandara mana pun sudah tidak perlu menjalani karantina.

"Pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba dari bandara seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karnatina," papar Jokowi. "Namun pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR."

Apabila tes swab PCR menunjukkan hasil negatif, maka PPLN dipersilakan untuk langsung keluar dan beraktivitas. Namun jika hasilnya positif, maka PPLN akan ditangani oleh Satgas COVID-19.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah menyampaikan bahwa pemerintah membuka peluang tak ada larangan mudik Lebaran tahun ini. Mnurutnya, orang yang diperbolehkan mudik adalah mereka yang telah divaksinasi COVID-19 lengkap dan mendapat booster alias dosis ketiga.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait