Meski Tak Berpotensi Tsunami, Gempa M 5,1 Banten Terasa Hingga Jakarta-Bogor
iStockphoto
Nasional

Bencana alam gempa kembali melanda Indonesia. Pada Jumat (1/4) hari ini, BMKG melaporkan terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Bayah, Banten.

WowKeren - Bencana alam gempa bumi hingga saat ini masih kerap melanda sejumlah daerah di Indonesia. Seperti yang terjadi pada Jumat (1/4) hari ini. Gempa berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Bayah, Banten.

Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Adapun gempa tersebut terjadi sekitar pukul 14.14 WIB. Gempa ini diketahui berpusat di kedalaman 10 kilometer.

Meski tidak berpotensi tsunami, gempa tersebut diketahui terasa hingga wilayah DKI Jakarta dan Bogor. "Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam keterangannya, Jumat (1/4).

Selanjutnya, BMKG pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan yang terjadi. Gempa ini diketahui berada pada 35 kilometer barat daya Bayah, Banten. Hingga saat ini tercatat sudah dua kali wilayah Bayah diguncang gempa.


Sebelumnya, gempa Magnitudo 5 juga terjadi pukul 11.54 WIB. Gempa ini cukup terasa hingga Bekasi dan Bogor. BMKG pun menginformasikan terkait dengan gempa tersebut melalui akun resminya di Twitter, @infoBMKG.

Dalam unggahan tersebut, diketahui banyak masyarakat yang turut merasakan getaran gempa di wilayah Jakarta hingga Bogor. "Gua di Kota Sukabumi kerasa bgt tadi :"," tulis seorang warganet pemilik akun @ray****.

"Berasa deh di lantai 5 Graha Pena Kebayoran Lama, Jakarta," timpal pemilik akun @i_****. "Di Bogor aja kerasa," sambung pemilik akun NA****.

"Mag:5.0, 01-Apr-22 11:54:19 WIB, Lok:7.04 LS, 106.10 BT (Pusat gempa berada di laut 20 km BaratDaya Bayah), Kedlmn:10 Km," tulis BMKG di Twitter, Jumat (1/4). "Dirasakan (MMI) II-III Pelabuhan Ratu, II-III Sumur, II-III Malingping, I-II Ciuyah, I-II Saketi, I-II Bekasi, I-II Bogor."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait