Andien Pajang Potret Beda dari yang Lain di Hari Kartini, Ucapan Soal Stereotip Perempuan Tuai Salut
instagram/andienaisyah
Selebriti

Andien memilih untuk membagikan potretnya ini di masa kecil yang beda dari yang lain, hingga singgung soal stereotip perempuan di mata masyarakat sontak banjir reaksi salut.

WowKeren - Penyanyi cantik Andien memilih membuat unggahan yang beda dari yang lain di peringatan Hari Kartini pada 21 April ini. Jika umumnya banyak wanita mengunggah foto saat mengenakan kebaya, Andien memajang salah satu koleksi fotonya di masa kecil kala memakai baju adat Papua pada peringatan Hari Kartini.

Nampak Andien kecil tampil boyish dengan rambut pendeknya. Meski begitu gaya rambut tersebut tak lantas melunturkan begitu saja paras cantik yang dimilikinya sedari dulu.

Benar saja, Andien lantas menyinggung tentang stereotip perempuan di mata publik umumnya. Ia menceritakan bagaimana dirinya sejak kecil dipandang beda lantaran gayanya yang tomboy tak seperti perempuan pada umumnya.

Perempuan Indonesia dan keberagamannya, circa 1995,” tulis Andien mengawali. “Aku tuh dari kecil jarang dianggap ‘perempuan’ sama temen-temen karena rambutku bondol. Hari ini aku sadar banget kalau stereotyping masih sering terjadi, perempuan masih sering dikotak-kotakkan.. Walau di satu sisi suara perempuan juga semakin lantang terdengar,” ujarnya.

Dari pengalaman itu Andien lantas berkaca pada perjuangan RA. Kartini. Ia mengingatkan bagaimana RA. Kartini juga terus lantang menyuarakan dan memberikan semangat untuk para perempuan agar terus berjuang.


Kita bisa ada di hari ini juga karena satu ibu yang tidak pernah letih bersuara lewat pena. Sampai sekarang suaranya masih terdengar, memberikan semangat bagi anak-anaknya untuk terus berjuang. Selamat hari Kartini,” sambungnya.

Di akhir tulisannya, Andien memberikan catatan tentang mengapa ia memilih tampil beda dari yang lain saat peringatan Hari Kartini. Menurutnya perempuan Indonesia begitu beragam tak hanya pada mereka yang mengenakan kebaya saja.

Ps: Ini aku pas SD perayaan hari Kartini pakai baju adat Papua ~ karena tidak harus berkebaya buat jadi Indonesia,” jelas Andien. “Dulu pas kecil kalian suka pake baju adat apa pas hari Kartini?” pungkasnya.

Ucapan Andien pun menuai banyak reaksi salut dan acungan jempol dari publik. Selain itu, netter lain juga ramai menyoroti foto Andien kecil yang begitu menggemaskan hingga disebut paling mirip dengan sang putra, Kawa.

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait