Birthday Spotlight: Happy Hyeri Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Hyeri Girl's Day yang jatuh pada Kamis (9/6). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang idol sekaligus bintang 'My Roommate Is A Gumiho' tersebut.

WowKeren - Hyeri Girl's Day baru saja merayakan ulang tahun ke 28 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Kamis (9/6). Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemai pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalan hidup sang idol sekaligus aktris.

Selain dikenal sebagai maknae Girl's Day, Hyeri juga tidak asing bagi penggemar K-Drama. Perannya di "Reply 1988" pada 2015 lalu sukses besar hingga mendapatkan banyak cinta dari penggemar. Namun sebelumnya, Hyeri mendapat gelar Nation's Little Sister karena muncul sebagai member tetap "Real Men", variety show MBC.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk inti perjalanan karier Hyeri yang merupakan salah satu model iklan dengan bayaran tertinggi di Korea Selatan sejak sebelum debut hingga saat ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Hyeri lahir di Gwangju, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 9 Juni 1994. Dibesarkan dalam kemiskinan, pemilik nama Lee Hyeri tersebut tinggal bersama neneknya di desa sementara ibunya bekerja di pabrik. Hyeri punya adik perempuan yang dua tahun lebih muda bernama Hyerim.

Saat masih SMP, Hyeri direkrut Dream T Entertainment dalam sebuah acara pertunjukan bakat. Begitu SMA, ia bersekolah di Seoul School of Performing Arts sekaligus menjadi trainee. Sebagai informasi, para member Girl's Day lain sudah mulai debut saat Hyeri masih seorang trainee.

2. Debut


Debut

Pada September 2010, Hyeri diperkenalkan sebagai member Girl's Day baru. Tak sendirian, ia bergabung ke dalam tim bersama Yura untuk mengisi kekosongan pasca Jiin dan Jisun keluar dari grup.

Menandai karier baru bersama Hyeri dan Yura, Girl's Day merilis single berjudul "Nothing Lasts Forever. Setelah itu, Girl's Day promosi dengan lima member karena Jihae masih ada di dalam grup.

Pada Maret 2011, Girl's Day merilis "Twinkle-Twinkle" yang kemudian meraih kesuksesan dengan ada di peringkat 4 chart digital Melon di bulan April. Secara keseluruhan, lagu tersebut berada di peringat ke-39 di chart lagu tahunan dan menghantarkannya pada kesuksesan yang lebih besar seperti mengadakan konser pertama mereka di Taiwan pada tahun yang sama.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Setelah ditinggalkan Jihae pada 2021, Girl's Day baru "bangkit" setahun setelahnya. Hyeri cs sukses besar begitu merilis full album pertama, "Expectation" dengan lagu utama berjudul sama. Dengan cepat lagu tersebut memasuki tangga lagu dan mendapatkan penghargaan Long Run Song of The Year di Gaon Chart K-Pop Awards ke-3.

Menyusul kesuksesannya, Girl's Day kembali menembus chart dengan "Female President" yang dinobatkan sebagai salah satu 20 Best K-Pop Songs of 2013 oleh Billboard. Hyeri bersama tiga member Girl's Day lainnya senantiasa mendapat banyak cinta dengan lagu-lagu mereka seperti "Something", "Darling", "Ring My Bell" hingga "I'll Be Yours". Namun mereka harus berpisah agensi pada tahun 2019 meski tidak menyatakan bubar.

Selain berkarier sebagai idol, Hyeri juga aktif sebagai seorang aktris yang memulai debut aktingnya di SBS "Tasty Life" pada 2012 lalu. Kemunculan Hyeri di variety Show "Real Men" kemudian menjadi viral dan membuatnya menjadi sangat populer.

Perjalanan Hyeri sebagai aktris lantas mendapat pengakuan saat membintangi tvN "Reply 1988" pada tahun 2015. Sejak muncul sebagai Sung Deok Sun dari Ssamun-Dong, Hyeri termasuk salah satu aktris yang diperhitungkan baik di layar kaca maupun layar lebar. Hyeri sempat menduduki peringkat ke-3 di daftar Forbes Korea Power Celebrity 2016 lalu.

Sejak saat itu, Hyeri kerap mendapatkan peran utama seperti "My Roommate Is A Gumiho" dan "Moonshine" pada tahun 2021. Hyeri meninggalkan variety show "Amazing Saturday" untuk fokus akting sejak 2020.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara
Instagram/hyeri_0609

Setidaknya Hyeri sudah dua kali berpacaran dengan sesama artis. Pertama, Hyeri terciduk kencan dengan Tony Ahn member grup K-Pop generasi pertama H.O.T pada April 2013 lalu. Keduanya sempat menjadi sorotan karena perbedaan usia 16 tahun saat itu.

Sebelum putus pada bulan November tahun yang sama, seorang rekan mereka Jun Jin mengatakan, "Mereka punya hubungan serius, yang sama seriusnya dengan perbedaan usia mereka."

Saat ini, Hyeri menjalin hubungan dengan Ryu Jun Yeol yang dipertemukan lewat "Reply 1988". Meski hubungan karakter mereka di drama layu sebelum berkembang, Hyeri dan Ryu Jun Yeol mulai berkencan pada akhir 2016 silam. Hingga sekarang, keduanya sering berbagi momen saling dukung juga sering diduga melakukan lovestagram di media sosial masing-masing.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/hyeri_0609

Sebagai seorang aktris, Hyeri sering kali mendapatkan kritik terhadap aktingnya. Terlepas dari betapa hebat ia memerankan Sung Deok Sun di "Reply 1988", aktingnya di proyek-proyek selanjutnya sering menuai pro kontra karena dinilai tidak berkembang.

Selain akting, Hyeri pernah terlibat kontroversi usai mempromosikan usaha adiknya di program "Amazing Saturday". Saat itu, ia menulis "Amaretto" yang merupakan nama online shop adiknya ketika mendapat kesempatan disorot kamera untuk menebak lirik dengan benar.

Segera setelah episode tersebut tayang, Amaretto menjadi trending dan muncul reaksi beragam. Sebagian netizen menganggap tindakan Hyeri mempromosikan usaha adiknya di variety show terkenal tidak adil untuk pesaing lain di industri. Dengan debat yang makin memanas di dunia maya, akhirnya Hyeri, agensi dan tim produksi "Amazing Saturday" meminta maaf karena telah menimbulkan kontroversi penempatan produk.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/hyeri_0609

Proyek terbaru Hyeri adalah drama fiksi sejarah "Moonshine" dari Desember 2021 hingga Februari 2022. Dalam drama tersebut, ia beradu akting dengan Yoo Seung Ho dan mendapatkan rating di kisaran 5 persen sepanjang tayang.

Segera setelah "Moonshine" tamat, Hyeri diincar untuk membintangi "Ildangabek Butler" (judul terjemahan). Masih dalam tahap pembicaraan, drama ini juga menawarkan peran utama kepada Yoon Doo Joon HIGHLIGHT namun ditolak. Kemudian penawaran itu diajukan pada Lee Jun Young U-KISS dan tengah dipertimbangkan.

Jika Hyeri menerima tawaran "Ildangbaek Butler", ia akan memerakan direktur pemakaman Baek Dong Joo yang ceria dan menyegarkan namun tabah. Baek Dong Joo mempunyai kemampuan aneh di mana ia dapat berbicara dengan orang mati saat tangannya menyentuh wajah mendiang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait